Jakarta Changemakers, Melatih Bahasa Inggris Adik-Adik Kaum Marginal di Jakarta  

 

          Jakarta Changes Maker adalah salah satu grup dalam komunitas Internations yang mengadakan kegiatan rutin tiap minggunya berupa volunter guru untuk kaum marginal di Jakarta. Grup ini dipelopori oleh Tari dan dibantu beberapa rekannya dalam komunitas yang sama. Saat ini sudah tergabung sekitar 20 volunteer yang terdiri dari expat dan warga Indonesia dari berbagai umur dan profesi. 

             Kegiatan mengajar ini sudah berlangsung sejak Agustus 2017 lalu dan berlokasi di pemukiman kumuh Tanjung Selor, Cideng Jakarta Pusat, tepatnya di Mushola “Daarul Istiqomah”. 

          Sebelum kegiatan mengajar dimulai, para volunteer guru mengadakan briefing terlebih dahulu mengenai materi yang akan disampaikan. Kegiatan belajar difokuskan pada pelajaran bahasa Inggris untuk anak usia SD. Hal yang diajarkan meliputi penulisan dan pengucapan bahasa Inggris untuk alphabet dan numerik pada pertemuan pertama. Pertemuan selanjutnya mulai membahas ordinal dan cardinal serta sedikit pelajaran matematika namun tetap dalam bahasa Inggris.  

          Saat ini murid yang aktif sekitar 20 orang yang terdiri dari kelas 1 sampai 6 SD. Kegiatan belajar dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan setiap kelompok dibimbing oleh guru volunteer. Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menangkap pelajaran. Beberapa dari mereka ada yang cepat mengerti namun ada pula beberapa yang butuh perhatian khusus. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para volunteer guru. Setiap sesi pelajaran ada tugas dan materi serta penilaian. 

           Setelah kegiatan mengajar selesai para volunteer guru mengadakan evaluasi atas kegiatan hari itu dan review untuk masing-masing anak. Tak lupa kami saling berbagi pandangan dan pendapat untuk perbaikan kedepannya dan pertemuan selanjutnya.

          Pastinya ada rasa bahagia ketika kita dapat berbagi ilmu dengan orang lain dan kebanggan tersendiri ketika ilmu yang kita ajarkan dapat bermanfaat dan berguna untuk orang lain. Semoga semakin banyak orang yang tergerak melakukan kegiatan ini, hal kecil untuk mencerdaskan bangsa. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *