Museum Tengah Kebun, Mengenal Sejarah dalam Suasana Nyaman dan Asri

          Museum Tengah Kebun berlokasi di Jl.Kemang Timur Raya No.66 Jakarta Selatan. Angkutan umum yang melewati persis didepan museum ini yaitu Kopaja 612 jurusan Kp.Melayu-Ragunan. Atau bila ingin naik busway turun di halte Kuningan Timur dan lanjut dengan ojeg online. Bila naik kereta bisa turun di St.Pasar Minggu dan lanjut dengan ojeg online. Untuk patokannya, didepan museum ini ada Masjid Nurul Huda yang besar dengan cat hijau. Museum ini buka setiap Sabtu dan Minggu saja dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya kecuali tips untuk guide. Bila ingin berkunjung ke museum ini perlu janji terlebih dahulu dengan pemiliknya dan selama di museum kita akan dipandu oleh guide selama 1,5 – 2 jam. 

          Memasuki museum ini tak ubahnya seperti memasuki sebuah rumah. Ketika membuka gerbang, terlihat jalan masuk yang rimbun dengan hijaunya pepohonan. Halaman belakang rumah pun begitu asri dengan taman-taman hijaunya. Ruangan yang serba terbuka membuat suasana nyaman ketika mendengarkan guide bercerita tentang masing-masing benda bersejarah yang tersebar di tiap ruangan.

           Museum Tengah Kebun merupakan rumah tinggal Bpk. Sjahrial Sjahrir kelahiran Pekalongan 16 Maret 1940. Rumah ini juga difungsikan sebagai museum karena terdapat koleksi benda-benda bersejarah sejak abad 1SM yang berjumlah 4.000 buah. Rumah ini terdiri dari 17 ruangan yang masih difungsikan oleh keluarga untuk kegiatan sehari-hari. Ruangan yang ada di rumah ini diantaranya ruang Wilhelm II, ruang Majapahit, ruang kerja, ruang makan, ruang tidur tamu, ruang tamu dan lainnya. Tiap ruangan dihiasi benda-benda bersejarah seperti patung, lukisan dan benda-benda jaman kuno yang ditata dengan rapi.

          Bpk.Sjahrial Sjahrir sendiri sudah 23 kali berkeliling dunia untuk hunting benda-benda bersejarah ini dan perjalanan terakhir tahun 2012 ketika kondisi kesehatan mulai menurun. Koleksi benda-benda bersejarah ini sebagian besar diperoleh dari pelelangan.

          Menghabiskan weekend dengan wisata sejarah di Museum Tengah Kebun ini menjadi pilihan yang anti mainstream, karena selain menambah wawasan juga memanjakan mata dengan suasana alamnya yang asri dan nyaman di tengah perkotaan.       

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *