Sumbawa, Serpihan Surga yang Tersembunyi

Lucky you. You don’t need a passport to see all these beauties. All the beaches and mountains are yours, here in your country for free, so enjoy it”. Begitulah salah satu kalimat yang keluar dari ocehan sang bule tentang Indonesia dari video youtube. Video yang berdurasi sekitar 5 menit itu sukses menyita perhatian saya hingga membuat saya kagum dan bangga dengan negara saya, Indonesia.

Beruntungnya menjadi warga Indonesia karena tak terhitung rasanya berapa jumlah tempat indah yang disuguhkan tanah airku ini. Dari ujung barat hingga ke ujung timur Indonesia dihiasi dengan pemandangan alam yang mempesona. Semuanya terlihat cantik,  lautan biru dan gunung yang hijau setia memanjakan mata para penikmat alam Indonesia.

Salah satu serpihan surga yang tersembunyi di tanah air ini ternyata ada di Timur Indonesia, tepatnya di Pulau Moyo, Sumbawa, NTB. Pulau yang terletak di Utara Pulau Lombok ini dapat ditempuh dengan kapal laut sekitar 2 jam dari Pelabuhan Poto Tano, Lombok. Pulau ini masih sangat asri dan belum ramai dikunjungi wisatawan, terlihat ketika saya singgah di pulau ini bulan September 2017 lalu. Namun pulau yang tersembunyi ini ternyata sudah dikenal dan dikunjungi mendiang Lady Diana yang tersohor itu beberapa tahun silam. Dan tak lama ini pernah pula dikunjungi oleh artis-artis terkenal dari dalam negeri.

Ketika bersandar di dermaga Pulau Moyo kita akan diperlihatkan dengan jernihya air laut dan pasir yang putih bersih. Di pulau ini sudah berdiri beberapa homestay dan bungalow yang tepat berada di bibir pantai dengan pemandangan langsung ke laut lepas. Di sore hari Pulau Moyo menyajikan suasana sunset yang menakjubkan dengan gradasi warna mentari yang jingga keemasan berbaur dengan birunya laut. Sunset terindah yang pernah saya lihat dan sukses membuat saya kagum hingga melongo yang seperti tak rela kehilangan moment yang singkat tersebut.

Cahaya sunset dari kejauhan
Gradasi warna senja yang menakjubkan

Berjalan kedalam Pulau Moyo sejauh 2km atau dengan naik ojeg seharga 100rb rupiah kita akan mendapati Air Terjun Matajitu yang eksotis. Air terjun ini pernah dikunjungi mendiang Lady Diana hingga sering disebut juga dengan Queen Waterfall. Air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini begitu unik dengan kolam alami kecil mirip jacuzy yang berundak-undak. Aliran air yang sebening kristal terlihat cantik ketika jatuh dari satu kolam ke kolam berikutnya. Pengunjung dapat menyusuri aliran airnya hingga ke kolam besar. Sepanjang pinggiran aliran air dipenuhi dengan pepohonan dan semak-semak kecil yang masih alami. Di musim kemarau, daun-daun kering berwarna kuning keemasan akan berjatuhan menghiasi pinggiran aliran air. Tepat dibawah air terjun terdapat beberapa batu besar dan kolam dengan percikan air dari atas yang menambah sensasi mandi ditempat ini.

Pepohonan dan daun kering berwarna kuning keemasa menambah eksotis Air Terjun Matajitu
Jacuzy alami yang airnya mengalir melalui kolam yang berundak-undak

Dari pinggir pantai Pulau Moyo, kita akan disuguhkan pemandangan laut lepas dengan beberapa perahu kecil yang sedang berlayar juga ada beberapa pulau-pulau kecil diseberang sana. Diantara pulau-pulau tersebut terdapat Pulau Kenawa yang sudah dikenal dikalangan wisatawan. Pulau ini dapat ditempuh dengan perahu selama 30 menit dari Pulau Moyo. Ketika menapaki pulau ini, kita akan disambut oleh hamparan luas padang savana dengan ilalang tinggi berwarna kuning keemasan. Pulau seluas 15 hektar ini bertambah eksotis dengan bukit kuning keemasan diujung pulau. Pemandangan dari atas bukit pun tak kalah menakjubkan karena terlihat hamparan laut dan pulau-pulau disekitarnya.

Eksotisme Pulau Kenawa yang berwarna kuning keemasan
Menanjaki bukit Kenawa

Disekitar Pulau Kenawa sendiri terdapat 8 pulau-pulau kecil, bahkan sebagian hanya berupa pulau pasir timbul. Lautan disekeliling pulau-pulau kecil ini merupakan spot diving dan snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang tak kalah indah, terlihat dari warna warninya trumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna biru.

Pulau Kalong tempat area snorkeling

Rasanya lengkap sudah surga yang disuguhkan Sumbawa, salah satu wilayah di Indonesia Timur ini. Bukit dan savana ilalang yang menguning keemasan ketika musim kemarau tiba menjadi ciri khas eksotisme Indonesia Timur yang mampu meninggalkan kerinduan atas tempat ini untuk kembali lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *