Keren !! Gedung Perpusnas RI ini Tertinggi di Dunia dan Bikin Betah.

          Apa yang ada dalam pikiran kita tentang kota Jakarta? Kemacetan, gedung tinggi, polusi? Ya, mungkin semua benar tapi Jakarta tidak melulu tentang kesibukan. Jakarta juga punya banyak taman cantik yang mampu memanjakan mata kita. Kebayang kan kalau taman-taman itu ada di areal gedung. Wah, pasti bikin betah berlama-lama disana.

          Taman didalam areal gedung? Dimana sih? Disini nih, di gedung Perpustakaan Nasional RI yang baru. Presiden Joko Widodo meresmikan gedung Perpusnas yang berbiaya sekitar 5M ini pada tanggal 14 September 2017 lalu. Lokasinya di Jl.Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dekat IRTI Monas. Tampak depan akan terlihat nama Perpustakaan Nasional RI dengan bangunan megah setinggi 24 lantai dibelakangnya.

     Menapaki pelataran perpusnas, suasana nyaman dengan rindang pepohonan sudah terasa. Ketika memasuki gedung, kita akan disambut serangkaian galery foto kegiatan para Presiden. Masuk ke areal tengah terdapat lapangan terbuka hijau dengan taman dan tempat duduknya untuk menikmati suasana dan pemandangan gedung inti perpusnas didepannya.

Galery foto kegiatan para Presiden
Halaman tengah areal Perpusnas

          Memasuki gedung inti perpusnas, akan terlihat galery lukisan Presiden mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo. Tepat didepan pintu masuk akan terlihat pemandangan rak buku raksasa setinggi lantai 4 gedung yang seolah menjadi icon Perpusnas ini. Tak heran ada sekitar 2,6 juta koleksi buku dan eksemplar yang memenuhi 24 lantai gedung Perpusnas ini. Pastinya gedung ini dirancang dengan sangat modern dengan fasilitasi eskalator dan lift untuk menaiki setiap lantainya.

Galery foto para Presiden
Rak buku setinggi gedung Perpusnas

          Penasaran ada apa disetiap lantai perpusnas ini, yuk eksplore. Lantai 2 adalah tempat membuat kartu perpusnas secara gratis. Lantai 4 merupakan auditorium tempat berbagai kegiatan dan acara. Lantai 7 adalah perpustakaan untuk anak-anak dan lansia yang dilengkapi permainan tradiaional seperti congklak. Lantai 9 terdapat naskah-naskah kuno mulai dari Sutasoma hingga Laligo. Lantai 12 sampai 24 adalah tempat membaca buku dari berbagai bidang. 

          Lantai 24 yang merupakan lantai tertinggi gedung perpusnas adalah lantai VVIP untuk ruang baca Presiden. Ruangan ini dilengkapi dengan auditorium mini berdesign etnik dengan bangku kayu dan pajangan kain khas daerah Indonesia. Ruangan ini mampu membuat kita betah berlama-lama disini. Selain sofanya yang empuk, pemandangan rooftop nya keren dengan tertuju langsung ke Monas. Darisini kita bisa melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. 

Ruang baca Presiden
Auditorium ruang Presiden
Galery ruang Presiden
Pemandangan rooftop

          Jadi tunggu apa lagi. Ayo ke Perpusnas, menambah wawasan dan mencari inspirasi di  tempat yang nyaman dan asri dengan lingkungan hijaunya. Mari Budayakan membaca karena membaca adalah jendela dunia.