Carnaval “Face of Indonesia”, Atraksi Menarik di Perayaan Ultah ke-5 BPJ I5timewa

Komunitas Backpacker Jakarta (BPJ) merayakan ulang tahunnya yang ke-5 pada 29-30 September 2018 lalu. Dengan diusungnya jargon I5timewa oleh founder BPJ-Edi M Yamin, perayaan yang berlangsung di LaPiazza, Kelapa Gading itu memang terlihat istimewa, berbeda dengan perayaan ulang tahun sebelumnya. Kali ini BPJ mengambil tempat di pelataran mall untuk memberikan kesan i5timewa di usianya yang sudah menginjak 5 tahun ini. Rangkaian acara ulang tahun ini sendiri terdiri dari dari 11 event yang dimeriahkan oleh beberapa klub dan group WA BPJ. 

Salah satu rangkaian acara yang menarik perhatian yaitu Carnaval. Tema “Face of Indonesia” diusung oleh koordinator tim carnaval, Sultan M Yusuf dengan maksud untuk merepresentasikan kekayaan alam dan budaya Indonesia dalam bentuk kostum carnaval. Mengingat peserta carnaval adalah warga BPJ yang sering mengikuti trip BPJ keliling Indonesia, maka diharapkan selain menikmati keindahan alamnya, peserta juga mampu menghargai dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Tim carnaval sendiri teridiri dari 5 orang yaitu Sultan sebagai koordinator dan LO MC, Edo sebagai koordinator dan LO juri, Arlindya sebagai LO panggung, Ahlam sebagai LO peserta dan Maja di bagian registrasi. Walaupun hanya terdiri dari 5 orang, kerjasama tim kami sangat baik dari awal sampai akhir. Saling back-up satu sama lain membuat acara carnaval ini berjalan lancar dan sukses. Tak lupa koordinator acara Bang Eka, Septi dan Om Hans yang selalu men-support dan mengatur jadwal meet-up koordinasi dengan tim lain, terutama dengan tim panggung.

Kesuksesan acara ini pastinya tak luput dari atraksi menarik yang disajikan oleh peserta yang berasal dari group WA BPJ. Sayangnya hanya 18 peserta yang siap mengikuti carnaval ini, mengingat carnaval ini membutuhkan persiapan yang cukup lama sedangkan mayoritas peserta adalah pekerja yang harus pintar-pintar membagi waktu untuk mengikuti acara ini. Persiapan para peserta ini berkisar satu bulan hingga satu minggu. Kreatifitas yang ditunjukkan mulai dari ide dan filosofi tema, design kostum dan budget yang minimalis.

Hasilnya keren, unik dan mengagumkan, gak kalah dengan Jember Fashion Festival. Bahkan menurut salah satu juri, kostum beberapa peserta terlihat seperti national costume pemilihan miss universe, keren kan. Masing-masing peserta carnaval mengusung tema Indonesia, yaitu :

*DAFTAR PESERTA CARNAVAL 2018*
*BACKPACKER JAKARTA I5TIMEWA*
================================

BPJ #1 – Topeng Betawi

BPJ #3 – Pakaian Adat Kalimantan Timur

BPJ #5 – Keasrian Wajah Seni Budaya Suku Dayak

BPJ #8 – Pesona Dayak

BPJ #9 – Kain Sumba

BPJ #10 – Pakaian Adat Baduy dan Bunga Kamboja

BPJ#12 – Festival Bunga Tomohon

BPJ #13 – Dewi Sri 2.0

BPJ #16 – Persatuan Indonesia

BPJ #17 – Garuda

BPJ #19 – The Wonderful of Betawi

BPJ #25 – Beta Papua

BPJ#26 – Pewatangan Gatot Kaca dan Srikandi

BPJ #27 – Treasure of Indonesia

BPJ #28 – Burung Cendrawasih (Bird of Paradise)

BPJ #31 – Legenda Candi Prambanan

BPJ #33 – Jamu Gendong

BPJ #35 – Burung dan pakaian perang Maluku

Acara Carnaval berlangsung pada hari Minggu 30 September 2018 pukul 12.00-16.00 WIB bertempat diarea pelataran panggung utama LaPiazza. Atraksi dimulai dari parade seluruh peserta mengitari area Carnaval, dilanjut dengan pose masing-masing peserta didepan dewan juri. Riuh sorak sorai dan tepuk tangan penonton ditambah iringan musik daerah dengan aransemen modern menambah semarak suasana Carnaval. Beginilah kreatifitas para peserta Carnaval :

Garuda
Dewi Sri 2.0
Treasure of Indonesia
Beta Papua
The Wonderful of Betawi
Festival Bunga Tomohon
Topeng Betawi
Persatuan Indonesia
Legenda Candi Prambanan
Kesenian Wajah Budaya Suku Dayak
Wonderful of Maluku

Kriteria penilaian dewan juri terdiri dari Materi, Filosofi, Kesesuaian Tema, Kreatifitas, Cost dan Kedisiplinan. Dewan juri sendiri terdiri dari 5 orang yaitu Edi M Yamin selaku founder Backpacker Jakarta, Hans Hasanea segi fotografi, Alfaria Jeidy segi fashion, Winda segi make-up dan Raesa. Melalui babak penyisihan berupa parade 18 peserta, terpilihlah 7 finalis untuk seleksi lebih lanjut meliputi presentasi materi dan menjawab pertanyaan dari dewan juri. Hasil akhir penilaian dewan juri terpilihlah para juara carnaval sebagai berikut :

*PEMENANG CARNAVAL “FACE OF INDONESIA”*

==========================================

Juara# 1,2,3 Carnaval

Juara#1 : Dewi Sri 2.0

Juara#2 : Beta Papua

Juara#3 : Garuda

Juara Harapan# 1,2,3,4

Juara Harapan#1 : Legenda Candi Prambanan

Juara Harapan #2 : Treasure of Indonesia

Juara Harapan#3 : Kesenian Wajah Budaya Suku Dayak

Juara Harapan#4 : Wonderful of Maluku

Juara Favorit

Juara Favorit : Treasure of Indonesia

Selain carnaval, ada beberapa acara seru lainnya yang digelar dalam perayaan ulang tahu  Backpacker Jakarta yang ke-5 ini. Simak selengkapnya di http://arlindya.com/2018/10/08/i5timewa-perayaan-ulang-tahun-backpacker-jakarta-yang-ke-5/. Melalui perayaan ultah BPJ yang ke-5 ini, Komunitas Backpacker Jakarta selain menjadi wadah bagi pencari trip murah, juga menjadi wadah untuk berkreatifitas dan belajar berorganisasi. Semoga semakin solid dan kompak untuk keluarga besar Backpacker Jakarta kedepannya.

Tim Carnaval

2 Replies to “Carnaval “Face of Indonesia”, Atraksi Menarik di Perayaan Ultah ke-5 BPJ I5timewa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *