I5timewa, Perayaan Ulang Tahun Backpacker Jakarta yang ke-5

Komunitas Backpacker Jakarta sebagai komunitas jalan-jalan teraktif dan terlengkap saat ini telah memasuki usianya yang ke-5. Founder BPJ, Edi M Yamin sendiri mengusung jargon i5timewa untuk tahun ke-5 BPJ ini. Istimewa karena menginjak usia 5 tahun, BPJ kini semakin besar dengan berkembangnya kegiatan klub, bakti sosial dan trip yang telah menjangkau seluruh kawasan Nusantara. Komunitas trip share cost ini telah mewadahi keinginan para penggiat jalan-jalan yang mencari trip murah keliling Indonesia.

Berkesan karena BPJ memberikan suasana kebersamaan dan kekeluargaan yang kental sehingga menumbuhkan loyalitas diantara para membernya. Memberi manfaat karena BPJ banyak melakukan kegiatan atau event yang memberikan pengalaman beorganisasi kepada para membernya. Menginspirasi karena BPJ aktif melakukan kegiatan bakti sosial baik untuk kondisi sosial lingkungan maupun bencana alam.

Perayaan ulang tahun yang ke-5 inipun terlihat lebih i5timewa dari tahun-tahun sebelumnya. Bertempat di LaPiazza Kelapa Gading, perayaan ultah BPJ ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29-30 September 2018. Rangkaian acara perayaan ultah BPJ ke -5 ini semakin semarak karena diisi dengan 11 event yang dimeriahkan oleh member BPJ baik klub dan grup WA BPJ. Kreatifitas, kebersamaan, loyalitas dan totalitas ditunjukkan para member BPJ dalam perayaan ulang tahun ini. Rangkaian acara ultah BPJ ini meliputi :

1. Duta Backpacker 2018

Duta Backpacker diikuti oleh member BPJ dan melalui proses seleksi dalam karantina. Para finalis dan pemenang tampil di acara panggung ultah BPJ. Pemenang Duta Backpacker 2018 ini yaitu Violeta Charisma yang nantinya akan menjadi model dan duta kegiatan BPJ.

Pemenang Duta Backpacker

2. Amazing Race 2018

Amazing race sebagai kegiatan rutin tahunan BPJ diikuti per-kelompok oleh member dan non-member BPJ. Tema yang diangkat untuk tahun ini yaitu tentang “Sejarah dan Museum”. Para peserta diberi waktu dan budget seadanya untuk menyelesaikan setiap clue di tiap pos yang merupakan museum.

3. Carnaval “Face of Indonesia”

Carnaval bertema “Face of Indonesia” diambil untuk menumbuhkan kreatifitas dan kecintaan para member BPJ terhadap budaya Indonesia. Peserta yang berasal dari grup WA BPJ ini menampilkan kreatifitasnya dalam bentuk kostum. Pemenang dinilai  dari tingkat kreatifitas, filosofi tema dan cost yang minimalis. Pemenang carnaval kali ini dengan tema Dewi Sri 2.0 karena ide kostum yang unik dan cost yang rendah.

Pemenang Carnaval

4. BPJ Got Talent

Beberapa member BPJ sendiri selain hoby jalan-jalan ternyata punya bakat seni loh. Mereka ini diwadahi dalam sebuah Klub BPJ Got Talent. Semua bakat seni mulai dari bernyanyi, menari hingga stand-up comedy ditampilkan dan berkompetisi diatas panggung.

5. Pesta Komunitas

Menjalin kekerabatan dan kerjasama dengan komunitas lain adalah salah satu tujuan BPJ mengadakan pesta komunitas diperayaan ultahnya. Beberapa komunitas berpartisipasi dalam performance, talk show dan bazaar dalam perayaan ultah BPJ ini.

6. Pameran Fotografi

Salah satu hoby member BPJ yang erat dengan jala-jalan apalagi kalau bukan foto-foto. Mereka ini diwadahi dalam sebuah Klub Fotografi. Tiap tahun, Klub Fotografi menunjukkan karyanya yang dikemas secara unik diperyaan ultah BPJ. Kali ini ada lomba foto terbaik pilihan pengunjung juga loh.

7. Seminar Inspiratif

Selain jalan-jalan, ternyata member BPJ juga suka menggali ilmu. Seminar inspiratif bertema “Follow your Passion and Job will Follow you” adalah kegiatan berbagi ilmu seputar kegiatan jalan-jalan bagi member BPJ.

8. Blogger Vaganza

Hoby jalan-jalan selain diabadikan dalam bentuk foto juga dalam bentuk tulisan kan. Klub Kubbu BPJ mewadahi member BPJ yang hoby membaca, menulis dan ngeblog. Uniknya, acara Blogger Vaganza ini juga berbagi ilmu dengan komunitas blog lain.

9. Donor Darah

Selain jalan-jalan, member BPJ juga senang bila ada kegiatan bakti sosial. Salah satu kegiatan rutinnya adalah donor darah, ide inspiratif dari member BPJ. Nah, dalam perayaan ultah BPJ kali ini, ada penggalangan dana bencana Palu dan donor darah.

10. Panggung Hiburan

Panggung hiburan selain menghibur member BPJ juga menjadi ajang unjuk bakat para member BPJ. Menariknya, acara yang ditampilkan sangat variatif mulai dari modern dance hingga puisi dalam iringan gending tradisional

11. Bazaar

Menikmati acara hiburan lebih seru sambil ngobrol, temu kangen dan makan-makan kan?  Nah, member BPJ dan peserta pesta komunitas kali ini diberi kesempatan untuk buka booth bazaar yang menyajikan aneka makanan dan pernak-pernik mereka.

Sukses acara perayaan ultah BPJ i5timewa ini tak luput dari tangan dingin ketua acara yaitu Bang Eka Siregar yang punya banyak pengalaman berorganisasi dibantu koordinator Septi dan om Hans.  Semoga kedepannya BPJ semakin berjaya, solid, berkembang, menginspirasi dan memberi manfaat.

“Congratulation for the 5th anniversary Backpacker Jakarta”

Founder BPJ-Edi M Yamin (atas)
Ketua acar Eka Siregar (bawah)

 

 

One Reply to “I5timewa, Perayaan Ulang Tahun Backpacker Jakarta yang ke-5”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *