Pandangan Hidup dalam Sebuah Quote

Bagiku, quote adalah pemikiran yang mendalam tentang kehidupan baik dalam kehidupan pribadi ataupun sosial. Ada banyak quote yang diciptakan dan mungkin salah satunya menjadi favorit kamu. Beberapa quote ada yang menarik perhatianku, diantaranya quote tentang cinta dan motivasi. Quote favorit tersebut mungkin sesuai dengan pemikiran dan sangat menyentuh kehidupan. Quote bisa pula dijadikan dasar pemikiran orang lain dalam menjalani hidup.

Aku sendiri terlahir dari keluarga yang sepertinya mamandang keberhasilan diukur dari nilai dan angka. Ya, keluargaku sangat menjunjung tinggi pendidikan dan karir serta status sosial masyarakat. Beruntung aku tidak kesulitan mencapai nilai akademik yang bagus saat sekolah. Hal ini menjadi kebanggan tersendiri untuk orang tuaku. Hari-harikupun disibukkan dengan buku dan belajar. Namun, seiring memasuki masa puber, akupun perlahan memalingkan perhatian dari nilai pendidikan ke romansa percintaan. Banyak kasus memang akibat terjerumus di dunia percintaan, dunia pendidikan menjadi terbengkalai. Hasilnya, aku tidak masuk universitas favorit impian orang tuaku. Setelah selesai kuliah, akupun punya impian tinggi tentang karir. Dahulu targetku adalah memiliki jabatan tinggi di perusahaan. Namun pergaulan semasa kuliah sedikit membuka wawasanku bahwa hidup itu tak selalu tentang target, tapi tentang kebahagiaan. Akhirnya karirku pun tak sampai target semula dan aku lebih memilih memanjakan diri dan bersenang-senang.

Seiring perjalanan waktu dan umur kali ya, aku tidak lagi memfokuskan hidupku pada nilai pendidikan atau jenjang karir, tapi tentang pasangan. Pemilihan pasanganpun tidak lagi bertolakukur pada nilai dan angka, tapi tentang kenyamanan. Ternyata, pemikiran orang tuaku tetap pada pencapaian nilai dan angka, termasuk soal pasangan. Hasilnya, semua keberhasilan dan pencapaianku diukur dari nilai akademik, karir yang tinggi dan pasangan yang high quality. Tentu saja semua itu tidak tercapai sesuai keinginan orang tua. Ekspektasi yang tidak sesuai kenyataan membuat tekanan tersendiri bagi orang tuaku. Padahal aku sudah merasakan tahap hidup yang bahagia walaupun tanpa nilai dan angka yang tinggi. Pemikiranku pun berubah bahwa dalam hidup yang kita cari bukanlah materi dan duniawi, tapi kebahagiaan dan ketenangan batin yang semuanya tidak bisa dinilai dengan materi atau angka.

Bertemu orang baru dalam pergaulan yang luas ternyata membuka pandangan tersendiri. Bahkan makna hidup kadang didapat dari situasi hidup yang sulit atau lingkungan terburuk. Kegagalan, kekecewaan dan sakit hati nyatanya memberikan pelajaran karakter yang mungkin tidak didapat di bangku sekolah. Ya, pelajaran terbesar dalam hidup ternyata bukan didapat dari bangku sekolah, tapi dalam kehidupan itu sendiri. Tuhan maha baik dengan memberikan pelajaran hidup dalam setiap masalah yang menjadikanku pribadi yang lebih baik dan kuat. Dan semua pandangan baru itu terwakilkan oleh sebuah quote yang menjadi favoritku:

“Life is the best school, problem is the best lesson, God is the best teacher, Wisdom is the best graduation”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *