Taman Baca, Potensi UMKM dan Sosialisasi Lingkungan Sejak Dini di KBA Pekayon Bekasi

Libur natal dan tahun baru bagi para pegawai dan sekolah memang membuat lalu lintas sedikit lengang. Banyak yang mengisi waktu liburan dengan tamasya keluar kota, namum tak sedikit yang menikmati liburan dengan mengisi kegiatan positif yang tidak bisa dilakukan di hari biasa. Seperti kegiatan yang dilakukan di taman baca (Manca) kawasan Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi pada Rabu pagi 26 Desember 2018 ini. Tiap tahun di liburan akhir tahun, Manca Pekayon Bekasi ini memang selalu mengadakan kegiatan untuk anak-anak yang libur sekolah.

Kegiatan di Manca kali ini dipimpin Ibu Lala, pencetus Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) di daerah Pekayon Bekasi sejak tahun 2003. Dibantu oleh penerusnya Bu Rustinah dan Pak Audie untuk GPL Kids, kegiatan ini mengambil tema belajar bercocok tanam hidroponik bagi anak-anak. Sebelumnya acara diisi dengan motivasi diri untuk anak-anak. Kegiatan sosial lingkungan ini tentu bermanfaat untuk anak-anak yang umumnya telah lebih dulu terpapar oleh gadget.

Kegiatan bercocok tanam hidroponik     dari GPL Kids

Melalui tutorial video youtube , anak-anak mempraktekkan cara bercocok tanam hidroponik dengan bahan botol plastik yang diberi bibit serta pupuk. Hasilnya akan dipantau oleh panitia setelah tanaman tumbuh beberapa minggu lagi. Sebelumnya pembicara memutar video liputan beberapa stasiun TV tentang prestasi yang telah dicapai KBA Pekayon Bekasi dibidang lingkungan.

Taman bacaan (Manca) ini jadi satu dengan posyandu dan Rumah Bunda Sehat hasil kerjasama Bank Danamon dan PKPU (Pos Kemanusiaan Peduli Umat) yaitu NGO bidang kemanusiaan yang dikelola Dinas Sosial Nasional. Gedungnya merupakan hadiah dari Yayasan Taman Bacaan Indonesia yang diketuai Ibu Reti Laksamana Sukardi. Sedangkan Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Bekasi diketuai oleh Pak Eko dari RW.11 yang menaungi 4 RW yaitu RW.08,09,10,11 dan akan merambah ke RW.26 untuk posyandu dan duta gizi yang telah diakui Walikota Bekasi.

Rumah Bunda Sehat berfokus pada kegiatan posyandu, rumah perca yang menghasilkan kerajinan tangan (taplak, tas, aksesoris, kaos, boneka, tutup galon) serta produksi makanan minuman industri rumah tangga dan cathering. Ada pula pelatihan komunikasi dan advokasi serta berhitung harga jual barang industri. Penjualan hasil UMKM ini masih dilakukan secara manual dari warga untuk warga Pekayon Bekasi melalui group WA.

Saya melihat hasil UMKM berupa kerajinan tangan ini sangat bernilai tinggi dan dapat menggaet pasar yang besar, namun nyatanya saat ini belum dapat diproduksi dan dipasarkan secara massal karena terkendala pekerja yang tidak tetap, jadi hanya dipasarkan antar warga saja. Saya melihat ada potensi besar untuk UMKM kerajinan tangan di KBA Pekayon Bekasi ini untuk pemasaran online, namun menurut Bu Lucy hal ini masih terkendala oleh SDM, perangkat dan pengelolaan produk. Mungkin ini adalah PR besar yang bila ditangani dengan serius akan memberikan nilai ekonomi baru bagi warga.

Kerajinan dari kain perca

Untuk taman bacaan sendiri berfokus pada kegiatan pengajian ibu-ibu dan home schooling untuk anak-anak panti asuhan Marhamah dengan pengajar dari ibu-ibu sekitar. Para murid berasal dari anak-anak sekitar baik yang bersekolah atau tidak. Khusus anak-anak yang tidak bersekolah didominasi dari RW.26 yang sebagian besar orang tuanya bekerja sebagai pemulung dan pembantu rumah tangga. Materi yang diajarkan berupa pelajaran akademis dan pelatihan kewirausahaan perca untuk murid wanita dan kompos untuk murid laki-laki. Taman bacaan ini buka dari jam 10 sampai jam 5 sore untuk anak-anak yang tidak sekolah atau yang sekedar ingin mengerjakan PR selepas pulang sekolah.

Setelah mengikuti acara di taman bacaan, saya bersama Bu Lucy berkeliling melihat kawasan KBA Pekayon Bekasi. Saya tertegun melihat pemandangan di sepanjang jalan yang sangat bersih dan hijau dengan tanaman sayur dan toga disetiap halaman dan teras rumah warga. Saya pun sempat melihat rumah bibit yang dipenuhi tanaman pokcay, kangkung, kunyit, jahe, kelor, miana, terong, tomat, sambiloto (obat diabetes), cincau, handalem (obat wasir) dan masih banyak lagi. Tiap rumah juga terdapat Biopori untuk penyerapan air tanah agar tidak terjadi banjir. Ada pula tempat penampungan air hujan, kantong sampah recycle dan pengelolaan kompos dengan mesin pengolahan modern.

Rumah bibit
Budidaya tanaman hidroponik

Kontribusi Astra untuk KBA Pekayon Bekasi sendiri telah meliputi 4 pilar program Astra, yaitu:

* Pendidikan

Pemberian beasiswa dari tingkat SD hingga Universitas yang mayoritas didapat oleh warga kurang mampu di RW.26.

* Kesehatan

Sumbangan alat-alat posyandu dan kaderisasi warga untuk kepengurusan posyandu.

* Ekonomi

Pelatihan UMKM sertapemberian materi tentang brand image, perhitungan harga pokok dan bisnis online.

* Lingkungan

  • Produksi kompos dengan mesin sumbangan Pemda yang menghasilkan 2 ton kompos setiap bulan dan hasilnya dijual ke warga dan pelanggan.
  • Perkampungan pro-iklim (kemandirian warga bidang pertanian kota dan toga serta pemeliharaan pohon-pohon besar yang diatur oleh Undang-Undang)
  • Penghijauan wilayah dengan tanaman toga dan sayuran.
Industri pengolahan pupuk kompos

Semangat dan inisiatif warga yang didukung oleh Astra ini kiranya dapat menambah nilai ekonomi untuk warga selain dampak sosial yang diberikan Astra melalui 4 pilar programnya. Kini Astra telah mengelola 77 KBA yang tersebar diseluruh Indonesia. Semoga di tahun-tahun mendatang kegiatan ini semakin berkembang dan maju.

Bersama Ibu Lucy di acara taman bacaan

47 Replies to “Taman Baca, Potensi UMKM dan Sosialisasi Lingkungan Sejak Dini di KBA Pekayon Bekasi”

  1. Banyak ya kontribusinya Astra ini. Saya mengapresiasi banget nih Astra yang memberikan bantuan2 kyk gini. Semoga jd inspirasi jg buat perusahaan2 lain melakukan program serupa 😀

  2. Kapan yaa di sidoarjo ada kampung berseri. Senang sekali melihatnya indah tertata rapi. Masyarakatnya juga jauh lebih mengerti tentang mencintai kebersihan dan keasrian lingkungan

  3. bagusss ini klo bisa diterapin di banyak wilayah.. aku daridulu pengen juga punya banyak tanaman hidroponik mumpung di lt 2 banyak tempat kesisa.. jadi pengen belajar ksini

  4. Sudah 4 pilar dan kegiatannya sangat menyenangkan ya. Anak-anak pasti betah tinggal di kampung seperti ini. Btw,kontribusi Astra luar biasa ya. Ada di berbagai kota dan daerah
    Sangat mendukung kemajuan kampung Indonesia.

  5. Setelah lingkungan hijau semoga UMKM Kba Pekayon Bekasi juga mendapat pelatihan teknologi agar bisa memasarkan produknya secara online ya Mbak. Pasar online sekarang gede banget, jangan tertinggal menikmati kuenya

  6. Kontribusi Astra ini bagus ya Mba, semoga semakin banyak juga perusahaan lain yang ikut kontribusi dalam kegiatan seperti ini.

    Semoga UMKM warga Pekayon Bekasi ini kedepannya bisa lebih maju lagi ya Mba.

  7. Salut untuk Astra yang berfokus tak hanya di satu aspek kehidupan warga tapi melengkapi segi pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan.
    Semoga kegiatan terutama Manca yang membuat anak bisa mengenal lingkungan juga kegiatan lainnya bisa membuat warga Pekayon lebih sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *