Ke Belitung, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas Belitung yang Lezat Ini

Apa yang paling diminati saat travelling selain keindahan alamnya? Sebagian traveller mungkin tertarik dengan adat istiadat dan budaya setempat, namun banyak pula yang penasaran dengan kelezatan kulinernya. Indonesia dengan keanekaragaman budayanya juga menyajikan cita rasa kuliner yang beraneka ragam. Sebagaimana yang kita ketahui, makanan pokok dan kuliner masyarakat Indonesia sendiri berbeda-beda baik dibelahan Indonesia barat, tengah maupun timur.

Setiap kali menginjakkan kaki di daerah wisata di Indonesia, saya sangat menikmati keindahan alam Indonesia yang sangat alami dan memanjakan mata. Hal lain yang bikin penasaran, tak lupa saya mencicipi kuliner khas daerah setempat. Tiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa yang khas dengan kulinernya. Salah satu kuliner lezat di Indonesia yang pernah saya cicipi dan recomended yaitu kuliner khas Bangka Belitung.  Kampung halaman saya ini, selain alamnya yang masih alami dan indah menawan seperti cerita Negeri Laskar Pelangiku Kini , ternyata Belitung menyimpan resep kuliner yang lezat pula. Kali ini saya ingin berbagi makanan favorit saya khas Belitung. Mau tau apa saja ?

 

1.LAKSA 

Beberapa daerah di Indonesia memiliki makanan khas Laksa, namun Laksa Belitung ini sangat berbeda dengan daerah lainnya. Daerah pantai yang kaya hasil laut membuat kuliner Belitung didominasi makanan laut. Tak terkecuali Laksa Belitung ini yang unik dengan kuah kuning cita rasa ikan yang sangat sedap di lidah. Laksanya sendiri terbuat dari tepung dan dibentuk seperti mie dan disajikan secara tradisional dengan wadah daun pisang. Kuliner ini sedikit sulit ditemui, untuk itu sangat recomended untuk memasaknya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya :

Bahan-bahan/ bumbu-bumbu :
Bahan mie beras :
250 ml air
1/2 sendok teh garam
250 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
1/2 sendok makan kapur sirih
100 ml air
daun pisang untuk alas

Bahan kuah :
200 gram daging ikan tenggiri, suwir halus
500 ml air
1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
250 gram tulang ikan tenggiri
3 lembar daun salam
4 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh ketumbar
3 sendok makan bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah cabai merah
3 cm lengkuas
4 cm kunyit bakar
2 cm kencur
50 gram kelapa parut

Cara membuat :

1.Mie beras

Rebus air, dan garam sampai mendidih. Tuang ke atas tepung beras. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu, air kapur sirih, dan air dingin. Aduk sampai kalis.

Cetak dengan cetakan cendol di atas daun pisang yang dioles minyak. Masukkan ke dalam kukusan yang dipanaskan di atas api sedang 25 menit sampai matang.

2. Kuah

Rebus air, tulang ikan, daun salam, dan bumbu halus sampai harum. Masukkan ikan, garam, gula pasir, dan ketumbar bubuk sambil diaduk sampai matang.

Sajikan mie bersama siraman  kuah ikan. Tabur bawang merah goreng.

 

2. GANGAN IKAN

Daging ikan tenggiri yang direndam dalam kuah rempah kuning yang lezat serta sensasi segar potongan buah nanas ini pastinya akan membuat lidah bergoyang dan bikin nagih. Ya, hasil laut yang melimpah membuat masakan laut menjadi salah satu masakan khas Belitung, begitu pula dengan masakan gangan ikan ini yang sangat khas rasanya, biasa disajikan untk makanan sehari-hari. Ingin coba masak dirumah ? simak dulu cara pembuatannya berikut ini.

Bahan-bahan :

Bumbu halus (blender/ diulek) :
2 ruas kunyit bakar sebentar
5 buah kemiri
5 buah cabe keriting
1 ruas lengkuas
6 siung bawang merah
1 ruas kecil jahe
1 sendok teh terasi bakar
500 gram fillet ikan tenggiri
.
Bahan campuran :
4 buah tomat hijau potong2
10 cabai rawit utuh
1 buah nanas madu potong kotak2
1 buah timun potong memannjang buang bagian tengahnya
3 sendok makan air asam jawa
1 sendok teh gula pasir
secukupnya garam
secukupnya penyedap
1 sendok teh lada
pelengkap : daun kemangi
.

Cara membuat :

1. Didihkan air dipanci jumlahnya agak banyak, masukan bumbu yang telah dihaluskan, masak hingga bumbu matang

2. Masukan ikan tenggiri lalu beri penyedap , garam , gula dan air asam. Aduk rata masak dengan api sedang

3. Bila ikan hampir matang, masukkan tomat hijau, cabe rawit utuh, nanas dan timun yang sudah dipotong. Cicipi rasanya, bila sudah pas matikan. Sajikan dengan daun kemangi

 

3. MIE BELITUNG

Mie Belitung sangat unik dan khas rasanya tidak seperti mie kebanyakan dari daerah di Indonesia. Rasa kuah yang manis dicapur gurih dari campuran seafood serta sambal yang pedas membuat mie Belitung ini kaya rasa dan lezat. Apalagi ada banyak topping untuk mie ini. Penasaran seperti apa mie ini ? Simak uraian cara membuatnya berikut ini ya.

Bahan-bahan :

500 gram mie kuning
250 gram tauge (kecambah), siram air panas
150 gram udang basah, kupas dan potong kecil
bawang goreng secukupnya
5 biji tahu goreng
5 buah kentang rebus, kupas
Seledri secukupnya iris halus
.
Bumbu yang dihaluskan :
100 gram udang basah
50 gram udang kering
10 biji cabe merah
7 butir kemiri
2 sendok teh merica
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 ruas jari jahe
1500 – 2000 ml air untuk kuah
.
Tambahan bumbu /pelengkap :
secukupnya gula pasir, garam , penyedap rasa
sekitar 50 gram tepung sagu untuk pengental kuah
secukupnya kecap ,sambel rawit , kerupuk /emping
.
Cara membuat : 

Tumis bumbu halus dengan minyak agak banyakan, tambahkan udang basah, masak sampai benar-benar matang agar kuah tahan lama/ tidak cepat basi

Rebus air sampai mendidih ,masukkan bumbu yang telah ditumis ,gula ,garam dan penyedap rasa, masukan tepung sagu yang sudah dicairkan ,rebus sampai benar-benar mendidih dan panas 
Siapkan mangkok atau piring saji, masukkan mie, tauge , timun ,potongan kentang, potongan tahu ,siram dengan kuahnya lalu taburi seledri ,bawang goreng dan emping diatasnya.

Hidangkan dengan sambel rawit ,kecap ,dan perasan jeruk bila suka untuk 10 porsi

 

4. KUE RINTAK

Hasil gambar untuk kue rintak bangka belitung

Kue ini umumnya disajikan disaat lebaran atau sekedar kue cemilan untuk menjamu tamu. Terbuat dari tepung dengan tekstrur kering membuat kue ini terasa krispi dengan rasa manisnya. Perlu variasi untuk kue lebaran, cobain deh bikin kue ini. Berikut ini cara-pembuatannya.

Bahan-bahan :

3 kg tepung sagu
1 kg tepung terigu
6 butir telur
3 butir kelapa ukuran besar (ambil santannya)
3 keping gula aren
1 kg gula pasir
2 bungkus vanili

Cara membuat :
Kepala diparut dan diambil santannya, kemudian dimasak bersama dengan gula aren, diaduk-aduk terus diatas api hingga mengental. Angkat adonan dan tiriskan/saring. Agar kotoran dari gula aren terbuang. Adonan diaduk hingga dingin.
Kemudian kocok telur utuh, campurkan ke dalam adonan gula tadi.
Sagu dan terigu disangrai hingga masak, tujuannya agar kue yang dihasilkan merekah dan mengembang dengan sempurna.
Untuk mencetak adonan, jangan dicampur langsung sekaligus dengan bahan kering (sagu + terigu) tapi dimasukkan bersedikit demi sedikit.
Caranya ambil sebagian adonan gula + telur campurkan sagu + terigu, aduk rata lalu pipihkan adonan di atas wadah, olesi bagian atasnya dengan minyak kelapa agar mudah dicetak.

 

5. KUE JONGKONG

Kue berbahan dasar tepung beras ini lumer di lidah, ditambah sensasi kuah gula merah dibagian bawah kue dan disajikan dengan wadah daun pisang. Terlihat tradisional namun lezat rasanya, walaupun kini sudah ada modifikasi wadah dengan bahan gelas kaca. Gimana sih cara pembuatannya? Simak penjelasan berikut ya.

Bahan-bahan :

  • 450 ml santan, dari 1/2 butir kelapa parut
  • 50 ml air daun suji (lapisan kedua: sesuai selera)
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdt tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan adonan hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Sisihkan.
  2. Taruh 1 sendok makan gula merah ke tiap mangkuk. Sendokkan adonan suji hingga setengah penuh, ratakan.
  3. Sendokkan adonan santan polos di atas adonan suji hingga penuh, ratakan. Ulangi langkah melapis ini hingga dua adonan habis.
  4. Kukus di dalam dandang panas hingga gula meleleh dan adonan padat (± 2 menit). Angkat.
  5. Sajikan untuk 10 buah (@ 150 ml)

Melestarikan warisan bangsa salah satunya dapat dilakukan dengan menjaga dan mempopulerkan resep-resep tradisional buah karya tangan-tangan terampil para leluhur kita ini. Tak mau kalah dengan rumah makan padang, sunda atau tegal, semoga suatu hari nanti, cita-cita saya membuka rumah makan khas Belitung ini dapat terwujud. 

 

Resep  : cookpad

 

29 Replies to “Ke Belitung, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas Belitung yang Lezat Ini”

  1. Laksanya Mienya bentuknya bulat kyk kerupuk belom digoreng ya. Olahan seafoodnya pasti segar ya mbak. Aku pernah baca di sebuah majalah kuliner Belitung memang wisata Kulinerny luar biasa terutama olahan hasil lautnya.

  2. Kulinernya lengkap disertai resep. Beberapa saya saved siapa tahu berkesempatan buat sendiri. Mau belajar maksudnya hehehe…
    Belitung salah satu lokasi wisata yang ingin saya kunjungi juga. Semoga suatu saat kesampaian. Amin

  3. Ya ampuuun aku jadi kangen belitung baca postingan ini
    Makanan Belitung itu enak-enak. Sea foodnya segar
    Mie Belitung juga bikin ngiler. Aku ingat pas makan di sana, mie disajikan dengan daun simpor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *