Toko Buku, Dulu dan Sekarang

“Membacalah agar kamu mengenal dunia, karena buku adalah jendela dunia”

Saya sangat setuju dengan tagline diatas, karena memotivasi kita untuk membaca buku agar mengenal dunia luar sehingga dapat membuka cara pandang dan wawasan. Setiap murid diwajibkan membeli buku pelajaran di sekolah. Berbagai ilmu pengetahuan diperkenalkan kepada setiap anak di sekolah. Selain sekolah mengkoordinir sendiri buku pelajarannya, banyak pula toko buku yang menyediakan buku-buku sekolah. Ada pula buku cerita atau komik untuk anak-anak di toko buku. Untuk orang dewasa…tentu banyak sekali genre nya mulai dari majalah, tabloid, buku agama, buku motivasi, hingga novel.

Tingkat membaca masyarakat Indonesia sendiri termasuk rendah. Beberapa tahun silam saat saya berkunjung ke toko buku, terlihat sekali sangat sepi pengunjungnya, pemandangan yang kontras dengan toko pakaian, restoran atau bioskop yang ada di Mall. Ada perasaan sedih dan miris menyelinap di hati, karena saya termasuk orang yang suka membaca buku. Sejak kecil saya sering berjalan kaki sendiri mengunjungi perpustakaan daerah atau toko buku. Sepertinya dahulu masyarakat kita belum menganggap penting buku ketimbang mainan dan hiburan lainnya.

Kini, perasaan senang kerap menghampiri tatkala melihat toko buku tak kalah ramai dengan toko pakaian sebelah di Mall. Antrian di kasir pun kadang mengular, terlebih dimasa libur sekolah sepertinya. Senang sekali melihat anak-anak dan masyarakat sekarang antusias mengunjungi toko buku, walaupun buku yang mereka cari pada umumnya adalah novel terlaris…haha, namun banyak pula yang mengincar buku best seller motivasi atau buku pengetahuan teknis.

Hal-hal yang menyebabkan ramainya kunjungan toko buku saat ini menurut ulasan saya, yaitu :

  • Berubahnya cara pandang masyarakat yang telah melek ilmu pengetahuan dan pendidikan
  • Meningkatnya tingkat perekonomian, sehingga masyarakat lebih konsentrasi terhadap dunia pendidikan
  • Media komunikasi yang semakin gencar, menggugah keingintahuan masyarakat terhadap isu-isu yang sedang berkembang di dunia
  • Perkembangan teknologi yang menyebarkan setiap berita dan perkembangan dunia secara cepat, meningkatkan rasa keingintahuan masyarakat

Saat ini toko buku sedang ramai, namun entahlah beberapa tahun kedepan, mengingat teknologi saat ini berkembang dengan cepat. Media cetak satu-persatu tergantikan dengan media elektronik. Bahkan saat ini sudah ada perpustakaan dan buku elektronik. Namun jangan sampai melewatkan Perpustakaan Nasional RI kebanggaan kita, simak ulasannya di cerita Megahnya Perpusnas RI. Perkembangan teknologi memang mengubah gaya hidup masyarakat. Namun apapun bentuknya, kita patut bangga dengan minat baca masyarakat Indonesia yang mulai meningkat. Semoga masa depan bangsa ini menjadi lebih baik di tangan generasi muda saaat ini yang lebih open minded dan melek pendidikan dan teknologi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *