Bekerja Nyaman di Perpusnas RI

Bekerja di kantor seminggu 7 hari dan sehari 8 jam kerja kadang tidak cukup menuntaskan tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Hahaha…serasa jadi budak korporat ya. Yah, mau gimana lagi, tanggung jawab pekerjaan memang harus dipikul. Anggap saja sebagai bentuk melatih diri untuk bertanggung jawab. Bagaimana menyiasatinya? sebagian besar pastinya dengan menambah jam kerja alias lembur. Bahkan ada yang membawa pekerjaan pulang ke rumah, mungkin dengan mencuri waktu libur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor…hhmm.

Tapi apakah bekerja di rumah bisa senyaman bekerja di kantor? Belum tentu juga, karena di rumah akan ada lebih banyak gangguan dan goda’an, mulai dari anak-anak sampai tukang jualan yang lewat depan rumah…hihi. Kadang bekerja juga membutuhkan konsentrasi, untuk itu tidak semua tempat bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk bekerja. Apalagi untuk pekerjaan yang membutuhkan ide-ide baru, bakalan butuh tempat dengan suasana yang mendukung untuk memunculkan ide-ide brilian, bukan.

Jakarta dengan hiruk pikuk kemacetan dan polusi, yakin ada tempat nyaman untuk konsendtrasi bekerja?  Ada beberapa tempat yang bisa direkomendasikan dan biasa digunakan orang untuk bekerja, seperti di cafe atau taman. Namun kadang tempat-tempat tertentu tidak mempunya fasilitas yang mendukung seperti hotspot atau penerangan dan listrik yang cukup. Kali ini aku ingin merekomendasikan tempat nyaman di Jakarta yang oke banget untuk bekerja dengan tenang dan mendapatkan inspirasi baru.

Terletak di pusat kota Jakarta, dekat dengan taman kota, monumen nasional dan halte bus, berdiri gedung megah setingi 24 lantai dengan tanda nama Perpustakaan Nasional RI. Ya, perpustakaan ini tak lagi identik dengan suasana bosan, senyap atau serius. Perpustakaan Nasional dilengkapi dengan taman hijau, pelataran yang luas serta galery untuk cuci mata. Untuk mendapatkan ketenangan suasana, pilihlah salah satu lantai, disana akan disediakan ruang baca dan ruang duduk. Adapula studio mini dan ruang meeting kecil untuk keperluan khusus.

Tempat favorit untuk duduk santai tapi serius yaitu di layanan multimedia di lantai 19. Di lantai ini disediakan sofa lantai yang empuk atau tempat duduk santai di lantai dengan berkelompok, sesuai untuk acara meeting santai kecil-kecilan atau untuk mengetik kerjaan dengan santai dalam suasana baru. Bila butuh referensi, bisa langsung menuju lantai yang dituju untuk meminjam buku. Dijamin betah duduk berlama-lama disini karena tersedia wifi. Sayangnya Perpusnas ini hanya buka sampai jam 4 sore. Gimana, oke bukan tempatnya untuk menyelesaikan pekerjaan kamu walaupun dikala liburan namun tidak membuat stress.

Baca selengkapnya di Ada Apa di Gedung Perpusnas RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *