Baksos Untuk Tanah Sumba

Hasil gambar untuk sumba
Photo : Indonesia.travel

Punya destinasi wisata impian? Salah satu destinasi wisata impianku sejak lama berada di kawasan timur Indonesia, yaitu tanah Sumba, NTT. Alam yang indah dan eksotis dengan berbagai kontur seperti pantai, bukit, air terjun hingga adat istiadat dan budayanya menjadikan tanah Sumba adalah tanah surga yang wajib dikunjungi. Keindahan tanah Sumba mulai membius wisatawan sejak foto-foto cantik di tanah ini berseliweran di media sosial para traveller. Inilah salah satu nilai positif dari media sosial, media promosi gratis dengan hasil bombastis. Dunia dengan seketika melihat keindahan tanah Sumba dan sekejap saja tempat ini menjadi ramai oleh wisatawan.

Bagiku yang menyukai keindahan alam, Sumba adalah tempat impian untuk liburan karena menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, natural dan eksotis. Adat istiadat dan budayanya yang masih asri dan kental menambah daya tarik tersendiri. Rumah adat yang unik dan kehidupan masyarakatnya yang masih alami akan menggugah rasa keingintahuan wisatawan. Rasanya ingin merasakan kehidupan mereka sehari-hari, menikmati alam dan suasana pedesaan.

Kehidupan mereka yang sederhana dan banyak keterbatasan dari segi kesehatan, pendidikan, kesejahteraan seperti pemandangan yang miris bila dibandingkan dengan devisa yang diperoleh dari segi pariwisata. Terpikirkan olehku kelak bila menyambangi tanah ini, ingin rasanya berbagi dengan mereka. Bila kesempatan itu ada, berikut hal-hal yang ingin aku lakukan untuk mereka di tanah Sumba, yaitu:

  1. Sebelum terbang ke tanah Sumba, aku ingin membuka kesempatan donasi kepada teman-teman yang ingin membantu mereka.  Setelah semua donasi terkumpul, pertama kali aku ingin memenuhi kebutuhan materi mereka berupa  uang, sembako dan pakaian. Kebutuhan ekonomi menjadi yang lebih utama untuk dipenuhi.
  2. Setelah memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, aku ingin membantu kebutuhan pendidikan anak-anak mereka dengan berdonasi buku tulis, buku bacaan, alat tulis, dan tas. Sebelum berangkat aku ingin mengumpulkan donasi buku dari temen-teman.
  3. Setelah memenuhi kebutuhan materi mereka, aku ingin berbagi ilmu pengetahuan dengan anak-anak di sekolah. Aku ingin meminta kesempatan kepada pihak sekolah untuk mengajar walau hanya beberapa jam saja. Aku ingin mengajarkan dasar berbahasa Inggris agar kelak saat industri pariwisata bertambah pesat dan banyak wisatawan asing yang datang, mereka sudah  mempunyai kemampuan bahasa Inggris untuk terjun ke industri pariwisata. Sebagai tambahan aku ingin mengajarkan tentang budi pekerti dan matematika untuk dasar berbisnis, juga mengenalkan tanah air dan dunia melalui ilmu Geografi. Hhmm…sepertinya banyak sekali ilmu yang ingin kubagi dengan anak-anak Sumba.

Semoga semesta mendukung dan impian untuk berbagi ini dapat terwujud sebagai bentuk terima kasihku kepada Sang Pencipta atas rejeki yang aku terima hingga bisa mengeksplore Indonesia. Aamiin.

3 Replies to “Baksos Untuk Tanah Sumba”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *