Classic Car Museum, Kini Tinggal Kenangan

Di kawasan perumahan padat penduduk di kota Bekasi ternyata terdapat sebuah museum antik koleksi mobil-mobil kuno yang bernama Classic Car Museum. Berada di Jalan Raya Cikunir, yaitu jalan baru yang menghubungkan perumahan Pondok Cikunir Indah dan Tol Jati Asih, letak museum ini menjorok kedalam gang memasuki kawasan perumahan warga. Ya, karena museum ini sekaligus berfungsi sebagai rumah tinggal pemilik museum sendiri yaitu Bp. Saimin Erman Nasution.

Berangkat dari hoby koleksi mobil kuno, Bp. Saimin Erman Nasution semula hanya memiliki sekitar 15 unit mobil kuno dan menyimpannya di gedung Auto Art Gallery Jalan Raya Caman, Bekasi. Kemudian koleksinya ini sempat berpindah tempat ke kawasan Kuningan, kemudian berpindah lagi ke kawasan Antasari dan terakhir kini berada di kawasan Jaka Sampurna, Bekasi dan diresmikan sebagai Classic Car Museum dengan prasasti yang ditandatangani oleh Menpora dan generasi pertama pencetus koleksi ini yaitu Bp. Solihin GP, seorang Purnawirawan Jenderal yang juga Mantan Gubernur Jawa Barat era tahun 70-an.

Dari hobynya mengoleksi mobil kuno ini, Bp. Saimin Erman Nasution mendirikan komunitas pencinta mobil kuno PPMKI dengan koleksi hingga 80 unit dari berbagai tahun dan merek. Kegiatan komunitas ini disaat weekend yaitu melakukan touring ke luar kota, sedangkan disaat weekdays mobil-mobil ini tidak dipakai dan hanya dipajang sebagai properti Classic Car Museum.

Kawasan museum ini ditata secara apik dengan konsep classic dan hijau dimana terdapat ornamen taman yang klasik dan arsitektur bangunan yang kuno. Selain itu rimbunnya pepohonan hijau menambah sejuk dan kesan klasik tempat ini. Fasilitasnya pun lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, kolam renang, gym, resto hingga function hall.

Sayangnya, semenjak Bp. Saimin Erman Nasution meninggal dunia pada tahun 2014, museum ini sudah tidak ada lagi yang merawat dan meneruskannya. Koleksi mobil kunonya pun kini satu persatu telah dijual. Kini di tahun 2019 ini tersisa hanya sekitar 10 unit mobil kuno saja. Kawasan museum pun kini sudah berubah fungsi menjadi rumah kost, resto cafe pun difungsikan sebagai tempat nongkrong. Function hall sering disewakan untuk acara wedding atau meeting. Classic Car Museum dimasa mendatang mungkin akan tinggal kenangan dan berubah fungsi menjadi tempat berkumpul atau acara tertentu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *