Tips Menjual Kemampuan Saat Melamar Pekerjaan

Serba serbi dunia kerja memang selalu ada cerita menarik. Tahap mencari lowongan, test, interview hingga masuk kerja di perusahaan memiliki kesannya tersendiri. Tak bisa dipungkiri, bagi para fresh graduate akan sedikit shock saat memulai kerja. Dunia pendidikan dan dunia kerja nyatanya memang jauh berbeda. Di bangku sekolah atau kuliah bisa jadi kita memiliki banyak teman, tapi di dunia kerja teman bisa menjadi saingan kita. Teman kerja dan bersaing, rasanya perlu belajar cara khusus mengatur sikap dan emosi agar hubungan tetap lancar. Lalu, mengapa harus bersaing? Bersaing secara sehat atau kotor? Kadang semua tergantung pada situasi dan karakter pekerja. Continue reading “Tips Menjual Kemampuan Saat Melamar Pekerjaan”

Bekerja Nyaman di Perpusnas RI

Bekerja di kantor seminggu 7 hari dan sehari 8 jam kerja kadang tidak cukup menuntaskan tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Hahaha…serasa jadi budak korporat ya. Yah, mau gimana lagi, tanggung jawab pekerjaan memang harus dipikul. Anggap saja sebagai bentuk melatih diri untuk bertanggung jawab. Bagaimana menyiasatinya? sebagian besar pastinya dengan menambah jam kerja alias lembur. Bahkan ada yang membawa pekerjaan pulang ke rumah, mungkin dengan mencuri waktu libur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor…hhmm. Continue reading “Bekerja Nyaman di Perpusnas RI”

Hari Anak Nasional, Putus Sekolah Jangan Sampai Putus Semangat

23 July diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Apa kesan yang masih tersimpan saat masa anak-anak? Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Dimasa kanak-kanaknya yang polos, mereka sedang menikmati waktu dengan bermain tanpa ada beban pikiran yang mengganggu. Membayangkan masa kanak-kanak dulu, rasanya ingin kembali kemasa itu. Bermain di lapangan, berlarian kesana kemari, terjatuh, menangis, berkelahi, dimarahi…semuanya adalah proses yang menjadi kenangan hingga kini. Indahnya masa kanak-kanak dahulu, begitu banyak interaksi antar teman dan lingkungan.  Continue reading “Hari Anak Nasional, Putus Sekolah Jangan Sampai Putus Semangat”

Etika Pergaulan di Group Whatsapp

Masih teringat beberapa tahun silam, euforia menjelang reuni atau acara kumpul-kumpul itu sudah terasa beberapa hari sebelumnya, rasa kangen dan penasaran ingin melihat perubahan teman-teman yang telah lama tak bertemu membuat deg-degan seperti ingin bertemu pacar saja…hahaha. Maklumlah, setiap ingin berkumpul, sebelumnya kita menghubungi teman-teman jauh-jauh hari melalui sms atau telpon. Kesulitan media komunikasi membuat moment saat bertemu itu sangat berharga, mengingat usaha yang telah kita lakukan untuk merealisasikan acara tersebut. Rasanya tak cukup waktu seharian untuk menceritakan kabar dan kehidupan masing-masing.

Continue reading “Etika Pergaulan di Group Whatsapp”

Tips Memilih Teman Curhat

Foto: www.patheos.com

Curhat itu penting gak sih? Mungkin bagi wanita, curhat itu seperti kebutuhan. Berbeda dengan laki-laki yang cenderung memilih diam dan menyimpan sendiri masalahnya. Ya, memang wanita dan laki-laki mempunyai sifat yang berbeda. Wanita cenderung menceritakan masalahnya melalui curhat sana sini, berbeda dengan laki-laki yang takut dianggap lemah bila curhat tentang masalahnya. Setiap orang memang punya cara masing-masing untuk melepaskan pikiran atas masalah yang dihadapi.

Continue reading “Tips Memilih Teman Curhat”

DomaiNesia, Surganya Penikmat Era Digital

Foto: open university

Ada yang masih ingat kenangan masa kecil dan remaja? Masa-masa itu memang memiliki kenangan yang tak terlupakan ya dan pastinya senyum-senyum sendiri bila mengingatnya. Apalagi generasi 90-an, banyak hal kenangan yang sudah tidak bisa ditemui lagi di zaman sekarang. Pernah merasakan masa kecil main masak-masakan, boneka kertas, petak umpet, galasin, congklak dan bekel? Ahh…kangen sekali dengan mainan itu, dimana ya bisa menemukan mainan itu di zaman now? Saat masa remaja, pernah gak merasakan main game tetris, bawa pager kemana-mana, muter kaset lagu di mini compo, pakai disket kertas di komputer atau nonton video yang kotak besar itu? Kemana ya alat-alat itu sekarang? Mungkin kalau dibuat museum akan sedikit melepas kerinduan sekaligus merekam sejarah juga, bukan… haha. Pernah juga merasakan antrian panjang di loket, menunggu bus yang entah kapan akan datang atau nenteng belanjaan yang berat. Menguras waktu dan tenaga memang, namun itulah pengalaman yang tak bisa dilupakan pada era tersebut.

Continue reading “DomaiNesia, Surganya Penikmat Era Digital”

Tahun Politik nih, Perlu gak sih Melek Politik?

Foto: tribunnews.com & tangga.id

Mungkin sebagian orang tidak suka dengan dunia politik apalagi membahasnya. Tapi bagi saya dunia politik itu menarik dan seru, apalagi politik di Indonesia. Kadang menurut saya, keseruan dunia politik Indonesia melebihi keseruan film Hollywood. Tak heran, saya suka sekali diskusi politik baik dengan teman, rekan kerja, keluarga atau di media sosial. Ada yang bilang, “Ngapain ngurusin politik, lah dibayar juga nggak kok”. Hhmm…memang sih kita bukan juru kampanye atau tim sukses salah satu capres, sepertinya kurang kerjaan saja karena tidak dibayar, apalagi dampaknya bisa menimbulkan permusuhan antar teman, rekan atau keluarga yang berbeda pandangan politik. Memang benar, kenyataannya memang ada perselisihan dan permusuhan karena perbedaan pandangan politik ini. Menurut saya sih, semua itu kembali ke tingkat kedewasaan masing-masing dalam menyikapi permasalahan.

Continue reading “Tahun Politik nih, Perlu gak sih Melek Politik?”

Pasangan Beda Generasi Akan Mengalami Hal ini

“Cinta akan membutakanmu. Bila tidak buta, maka bukan cinta namanya”

.

Setuju gak sih dengan ungkapan diatas? Kalau aku sih setuju banget, lah wong aku sendiri yang buat quote itu…haha. Pernah gak kita menetapkan kriteria tentang pasangan idaman kita? Sebagai seorang cewek, pasangan idamannya tentu cowok yang baik, setia, bertanggung jawab, ganteng, kaya, sholeh. Adakah cowok seperti itu selain Fachri? Ahh, rasanya tokoh seperti itu memang cuma ada di Film. Buat kamu para cowok pastinya punya kriteria cewek idaman yang cantik, sholehah, baik, setia, pintar masak, pintar dandan, bla bla bla.

Continue reading “Pasangan Beda Generasi Akan Mengalami Hal ini”

Refleksi 2017 – Resolusi 2018

          Tak terasa aku sudah berada di ujung tahun 2017. Waktu seakan berlari dengan cepat namun langkah kaki tak mampu mengejar. Kerikil-kerikl tajam membuat kaki ini terluka dan sulit melangkah. Walaupun pandangan akan masa depan yang cerah telah terbayang sejak awal tahun, namun hingga di penghujung waktu 2017 tak tampak sedikitpun bayangannya. Seolah hidup dalam “koma”. Tak ada kemajuan yang berarti, bahkan perlahan kemunduran dan berakhir pupus menjelang hingga di penutup tahun.  Continue reading “Refleksi 2017 – Resolusi 2018”