Traveling

7 Destinasi Wisata Anak Alternatif yang Edukatif di Jakarta

Liburan telah tibaaa…horeee.

Sorak soray anak-anak menyambut liburan sekolah menghiasi suasana rumah tiap pertengahan tahun menjelang ajaran sekolah baru. Para orang tua pastinya sudah mempersiapkan rencana untuk liburan sekolah anak-anak. Bagi orang tua yang punya budget minim, tentu akan memutar otak untuk merencanakan liburan anak-anak agar tetap have fun namun edukatif. Liburan tanpa keluar kota, kenapa nggak ? Di kota Jakarta pun ada banyak tempat wisata anak yang cukup edukatif tanpa mengurangi kesenangan anak. Berikut ini beberapa tempat wisata alternatif edukatif bagi anak-anak di Jakarta yang bisa dijadikan referensi.

1.Aquarium Jakarta

Gambar terkait

Menyaksikan kehidupan biota laut memberikan keasyikan tersendiri bagi anak-anak. Pemandangan yang langka akan membuat anak-anak tertegun melihat aquarium besar yang diisi ribuan biota laut yang cantik. Koleksi yang terdiri dari 2000 spesies dari 600 jenis satwa endemik Indonesia dan luar negeri ini mencakup pula hewan yang hidup didaratan pinggir laut seperti pinguin, kura – kura, kuda laut, dan berang – berang. Di tempat ini, anak-anak diperkenalkan dengan macam-macam hewan laut serta mengenal kehidupan mereka. Keseruan di Aquarium Jakarta bertambah dengan 12 traksi yang disuguhkan diantaranya Otter Tunnel (berang-berang), Kolam Sentuh (bintang laut, siput, teripang, tiram), Hermit Crab Wooden Log (Kelomang), memberi makan ikan, menggambar biota laut, 5D theater didalam laut. Aquarium Jakarta ini semakin istimewa dengan pertunjukkan teater diatas panggung dengan cerita yang memukau. Bagi orang dewasa, atraksi yang cukup menguji adrenalin juga sayang untuk dilewatkan seperti menyelam bersama hiu atau trekking didalam laut. Mengenal kehidupan dan hewan laut akan memberikan wawasan dan pandangan tersendiri untuk anak-anak.

Lokasi :

Kawasan Mal Neo SOHO, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28 Jakarta Barat lantai LG 101 – LGM 101.

Harga tiket :

– Anak-anak : Rp. 125.000 (weekday) – Rp. 150.000 (weekend)

– Dewasa : Rp. 150.000 (weekday) – Rp. 200.000 (weekend)

Jam buka : Buka setiap hari pukul 10.00-20.00 WIB

 

2. Planetarium, TIM

Hasil gambar untuk planetarium jakarta

Sekarang Taman Ismail Marzuki (TIM) identik dengan bioskop dan tempat latihan teater senin. Kawasan ini umumnya diramaikan oleh anak muda. Selain itu TIM juga punya wahana atraksi yang menarik dan edukatif terutama untuk anak-anak. Planetarium yang digagas Presiden Soekarno dan dibangun tahun 1964 dengan gedungnya yang unik ini sudah cukup menarik perhatian pengunjung TIM. Mengenal dunia perbintangan dan luar angkasa pastinya memberikan rasa antusiasme  tersendiri terutama untuk anak selain menjadi lahan edukasi yang baik. Harga tiketnya pun murah dengan atraksi yang menarik seperti teater bintang (pemandangan langit malam serta asal-usul tata surya), teleskop observatorium, ruang pameran yang informatif tentang peralatan observasi astronomi, benda langit, pakaian astronot hingga pecahan meteor. Mengunjungi Planetarium TIM akan membangkitkan ketertarikan tersendiri bagi anak-anak mengenai dunia antariksa.

Lokasi : 

Taman Ismail Mazuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Harga tiket : 

– Teater  : Rp. 7.000 – Rp. 12.000 (anak-anak sesuai usia)

– Teater rombongan : Rp. 5.000 – Rp. 10.000 (mahasiswa dan umum)

Jam buka : Selasa – Minggu jam 08.00 – 15.000 WIB

 

3. Taman Wiladatika

Hasil gambar untuk taman wiladatika cibubur

Di timur Jakarta tepatnya kawasan Cibubur terdapat taman yang cantik bernama Taman Wiladatika. Ternyata Wiladatika adalah singkatan dari Widya Mandala Krida Bhakti Pramuka dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980. Taman dengan aneka bunga berwarna warni ini mampu membuat relaks dan menyejukkan mata yang penat. Dilengkapi area permainan (playground), anak-anak pasti betah bermain lama-lama disini sambil berlarian berkeliling taman. Cocok pula untuk anggota keluarga sambil quality time. Anak-anak dapat mempelajari dan mengenal beraneka macam tumbuhan sehingga dapat memberikan wawasan baru, karena disini juga terdapat pohon-pohon besar yang rindang dan hijau. Tarif masuknya cukup murah dan terjangkau. Fasilitas  yang tersedia disini diantaranya area out-bound, kolam renang, lapangan tenis, gedung olahraga, gedung pertemuan serta penginapan. Wahana wisata lainnya yang bisa dinikmati berupa air terjun buatan, kolam air mancur, goa mini, rumah Jepang serta wahana air.

Lokasi :  Jl. Jambore No.1, Cimanggis Depok Jawa Barat.

Harga tiket : Rp. 8.000 (umum)

 

4. Taman Mangrove, PIK

Hasil gambar untuk taman mangrove angke kapuk

Wilayah utara Jakarta memang dekat dengan laut karena lokasinya di teluk Jakarta. Hal ini menyebabkan kawasan utara Jakarta rawan oleh abrasi air laut. Untuk itu pemda setempat membangun kawasan hutan mangrove untuk melindungi daerah pesisir ini dari abrasi air laut. Hutan mangrove yang semula difungsikan untuk menjaga lingkungan, ternyata menjadi kawasan yang cantik dan teduh dengan pemandangan danau yang indah hingga cocok dijadikan tempat rekreasi. Tak heran kawasan mangrove banyak dijadikan kawasan wisata juga oleh pemerintah daerah setempat. Disini anak-anak akan belajar tentang lingkungan, menjaga kelestarian alam serta mengenal tanaman mangrove. Wisata edukatif bukan, selain menjadi tempat rekreasi yang indah.

Lokasi : 

Pantai Indah Kapuk (PIK), Jl. Garden House RT.8/RW.1 Kamal Muara Penjaringan, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara

Harga tiket :

– Dewasa : Rp.25.000 (weekday) – Rp.30.000 (weekend)

– Anak-anak : Rp. 10.000

Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB (setiap hari)

 

5. Rumah Si Pitung

Hasil gambar untuk rumah si pitung marunda

Mengenal Jakarta wajib pula mengenal sejarah asal daerah ini yang dulu disebut Betawi. Ya, penduduk Jakarta wajib tahu asal-usul daerah tempat tinggal mereka. Kebudayaan Betawi terkenal dengan tokoh-tokoh yang melegenda dan salah satunya adalah si Pitung, sang jagoan silat dari Betawi. Selain mengenal budaya rumah adat Betawi, disini anak-anak juga bisa mengenal kisah heroik dari tokoh lokal yang melegenda yaitu si Pitung yang merampas harta bangsawan yang dekat dengan Belanda untuk kemudian dibagikan ke rakyat miskin.

Lokasi : dibelakang Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran (STIP) Marunda

Harga tiket : Rp.1.500 (pelajar) – 5.000 (umum)

Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB (tiap hari)

 

6. Museum MACAN

Hasil gambar untuk museum macan jakarta

Mengenal karya seni tentu memberikan perspektif baru bagi anak-anak. Karya seni dalam beragam bentuk seperti lukisan, patung atau ornamen disajikan di Museum MACAN ini (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara ). Karya seni seperti patung dan ornamen disini memiliki keunikan ide tersendiri hingga terlihat bernilai seni tinggi dan menjadi spot cantik untuk diabadikan. Setiap lukisan, patung dan ornamen memiliki cerita dan filosofinyanya tersendiri. Spot yang menjadi daya tarik Museum MACAN sendiri yaitu Infinity Mirrored Room, sebuah karya seni dengan ide brilian dan menghasilkan kesan yang mengagumkan. Umumnya pengunjung rela antri panjang untuk memiliki sebuah foto di spot ini, walaupun tiap pengunjung hanya dibatasi 30-45 detik untuk menikmati dan mengambil foto di ruangan ini.

Lokasi : 

AKR Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Harga tiket :

– Rp.100.000 (dewasa)

– Rp.80.000 (anak-anak)

Jam buka : Selasa-Minggu (10.00-19.00 WIB)

 

7. Cagar Budaya Betawi, Setu Babakan

Hasil gambar untuk setu babakan jakarta

Liburan di alam terbuka dengan pemandangan yang cantik sangat disukai semua orang, tak terkecuali anak-anak. Di timur Jakarta, tepatnya kawasan Setu Babakan memiliki pemandangan yang ciamik  berupa danau yang luas dengan rimbunan pepohonan yang mampu melepaskan penat mata yang memandangnya. Tempat ini diresmikan oleh Gubenur Sutiyoso pada tahun 2004. Selain menikmati alam, ditempat ini terdapat pula aneka permainan air dan kuliner khas Betawi yang pastiny sangat digemari anak-anak. Hal terpenting adalah, kawasan ini adalah  Cagar Budaya Betawi yang dilestarikan. Selain menikmati suasana, anak-anak dapat belajar sejarah asal usul tempat mereka tinggal di Jakarta, yaitu sejarah Betawi. Aneka ornamen, kerajinan dan cerita sejarah Betawi akan memberikan wawasan baru kepada anak-anak dan pengunjung pada umumnya. Atraksi yang menarik tak luput dari perhatian para pengunjung seperti Tanjidor, Lenong dan Ondel-Ondel. Melalui atraksi ini anak-anak akan mengenal kebudayaan Betawi.

Lokasi : 

Perkampungan Betawi, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan

Harga tiket : gratis (parkir Rp.2.000-Rp.5.000)

Jam buka : setiap hari 06.00 – 18.00 WIB

 

Selamat liburan…tetap have fun dan terus menggali ilmu sebelum masuk sekolah lagi ya.

 

 

 

Show More

Arlindya

A dreamer, long visioner, blogger & traveller

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button