Review

DomaiNesia, Surganya Penikmat Era Digital

Foto: open university

Ada yang masih ingat kenangan masa kecil dan remaja? Masa-masa itu memang memiliki kenangan yang tak terlupakan ya dan pastinya senyum-senyum sendiri bila mengingatnya. Apalagi generasi 90-an, banyak hal kenangan yang sudah tidak bisa ditemui lagi di zaman sekarang. Pernah merasakan masa kecil main masak-masakan, boneka kertas, petak umpet, galasin, congklak dan bekel? Ahh…kangen sekali dengan mainan itu, dimana ya bisa menemukan mainan itu di zaman now? Saat masa remaja, pernah gak merasakan main game tetris, bawa pager kemana-mana, muter kaset lagu di mini compo, pakai disket kertas di komputer atau nonton video yang kotak besar itu? Kemana ya alat-alat itu sekarang? Mungkin kalau dibuat museum akan sedikit melepas kerinduan sekaligus merekam sejarah juga, bukan… haha. Pernah juga merasakan antrian panjang di loket, menunggu bus yang entah kapan akan datang atau nenteng belanjaan yang berat. Menguras waktu dan tenaga memang, namun itulah pengalaman yang tak bisa dilupakan pada era tersebut.

Enaknya Hidup di Era Digital

Bagi generasi 90-an, masa-masa serba manual tersebut dilewati saat masa kecil hingga remaja dan kini telah memasuki era baru. Era baru yang kini dinikmati kaum milenials ini adalah era digital. Kaum milenials yang terlahir di era digital mungkin tidak pernah merasakan era manual yang dirasakan Generasi 90-an. Hidup yang serba mudah dan cepat di era digital mempengaruhi perilaku kaum milenials pula yang cenderung spontan, cepat dan praktis. Generasi milenials lebih melek teknologi karena telah diperkenalkan sejak kecil. Ya, era digital yang sarat teknologi membuat gaya hidup pun berbasis teknologi. Dengan bermunculannya banyak start-up baru berbasis teknologi membuat aplikasi yang menunjang kehidupan manusia saat ini pun serba online. Mulai dari permainan interaktif secara online hingga cara belanja dan pembayaran pun sekarang secara online. Dunia sudah sesempit dalam genggaman HP.

Namun, nikmatnya era digital akan lebih terasa oleh Generasi 90-an yang pernah mengalami masa-masa “ribet” di era serba manual dulu. Generasi ini mengalami 2 era di masa hidup nya dan yang paling bisa merasakan perbedaannya. Dengan begitu, nikmatnya era digital ini akan lebih terasa. Seperti pepatah “bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”. Namun Generasi 90-an pastinya selangkah dibelakang generasi milllenials yang lebih dulu menguasai teknologi. Walaupun begitu, beruntungnya Generasi 90-an adalah menikmati era digital yang akan lebih terasa bila membandingkannya dengan era manual dulu. Apa saja perbedaan yang terjadi di era digital ini. Berikut ilustrasinya:

Foto: america retail

Era 90-an.                    Era Digital            

*Main petak.                   Main game 

  umpet.                            online

*Belanja di pasar.         Belanja

                                             online

*Nunggu bus.                Pesan taksi

                                            online

*Antri tiket.                    Pesan tiket

                                            online

*Bayar pakai uang.    Bayar pakai

                                            e-money

*Ketemuan untuk.      Pembayaran

  bayar.                              online

*Beli koran.                    Baca berita online

*Kirim surat.                  Kirim pesan online

Cepat, mudah, praktis, begitulah era digital saat ini. Tidak perlu menguras waktu dan tenaga untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Surga banget hidup di era digital ini, begitu pastinya kesan yang diberikan oleh kaum Generasi 90-an. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari era digital ini.

4 hal menguntungkan dari era digital:

1. Mengakses informasi lebih luas dan cepat melalui internet

2. Menumbuhkan entrepreneur dan lapangan kerja baru dengan tumbuhnya perusahaan start-up berbasis online

3. Menghemat waktu dan tenaga hingga bisa melakukan hal lain yang bermanfaat

4. Mengenal dan mempelajari teknologi baru

Namun jangan sampai terlena dengan segala kemudahan ini ya. Secara tidak sadar, hidup di era digital ini memberikan hal negatif pula.

4 hal merugikan dari era digital:

1. Tubuh malas bergerak, karena semua dapat dilakukan secara online sambil duduk manis.

2. Kurangnya sosialisasi di dunia nyata, karena pergaulan lebih banyak dilakukan di dunia maya

3. Perilaku yang kurang sabar, karena terbiasa dengan pola hidup online yang serba cepat

4. Pemborosan, karena godaan aplikasi belanja online beserta kemudahan sistem pembayaran dan pengiriman barang

Sebagai manusia bijak, kita harus pandai menerima hal positif dan menjauhi hal negatif dari segala hal yang masuk dalam kehidupan kita, setuju? So, nikmatilah kehidupan era digital ini sebijak mungkin ya.

Foto: mojix

Blogging di Era Digital

Sebagai generasi 90-an, aku merasa sangat beruntung pernah mengalami 2 masa, era manual saat kecil dan remaja dan era digital seperti saat ini yang tidak dirasakan generasi millenials. Di era digital ini, jenis pekerjaan barbasis teknologi online memimpin didepan. Pekerjaan manual mulai ditinggalkan dan tergantikan dengan sistem automatisasi melalui teknologi online. Melakukan pekerjaan tidak lagi harus selalu duduk di kantor dengan office hours 9 to 5. Kini, kita bisa melakukan pekerjaan secara online dimana saja dan kapan saja, lebih fleksibel kan. Salah satu manfaat era digital yang kita rasakan saat ini adalah begitu cepatnya penyebaran informasi melalui berbagai media online. Kini, setiap orang seolah menjadi wartawan dadakan yang setiap saat dapat mewartakan atau memberitakan apapun yang terjadi disekelilingnya. Bahkan kini penyebaran informasi itu tidak lagi terkontrol kebenarannya, semua tergantung pembaca yang menyikapinya apakah percaya atau tidak dan mau cross check kembali dengan berita lain atau tidak. Hasrat berbagi informasi dan opini tersebut kini tersalurkan melalui berbagai media berita online mulai dari whatsapp, medsos hingga blog dan vlog.

Berkat era digital inilah, aku mulai menggeluti lagi dunia blogging yang dulu sempat terabaikan. Kenapa? Karena dunia blogging kini lebih mempunyai tempat yang nyaman, mengingat akses internet saat ini sangat mudah. Semua HP saat ini sudah berbasis internet 3G dan 4G, artinya setiap orang dapat mengakses internet kapan saja dan dimana saja melalui telepon genggamnya. Apa akibatnya? Media cetak mulai ditinggalkan dan beralih ke media informasi online. Mendapatkan informasi secara instant dapat dilakukan melalui berbagai browser internet ke “mbah google”. Mbah Google ini seperti rajanya pusat informasi. Banyak orang mempercayakan mbah google untuk menjawab segala pertanyaan, asal jangan lupakan percaya Tuhan yang utama ya, haha. Mendapatkan informasi dari mbah google memang mengasyikkan, namun lebih keren lagi bila bisa menyumbangkan informasi di mbah google agar bisa bermanfaat buat banyak orang. Itulah prestise seorang blogger, bisa nampang di halaman google, dikenal banyak orang dan memberikan informasi yang bermanfaat.

Platform untuk nge-blog sendiri sudah banyak pilihan, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar (TLD), baik blog pribadi atau milik company dan institusi. Aku sendiri memilih platform blogberbayar karena bisa memiliki domain dan hosting sendiri. Domain adalah alamat rumah website kita, sedangkan hosting adalah konten dari rumah blog yang akan kita bangun. Semua tulisan di platform tersebut memang bisa nampang di google, namun buatku domain blog (TLD) mempunyai keunggulan tersendiri. 

5 keunggulan blog berbayar (TLD):

1. Lebih prestise dan profesional, menunjukkan keseriusan di dunia blogging dan identitas sebagai blogger

2. Menunjukkan jati diri penulis atau personal branding dengan gaya penulisan dan niche atau tema blog yang dipilih

3. Berkesempatan lebih luas untuk kerjasama dengan brand untuk tujuan komersil

4. Terkaitnya dengan berbagai fasilitas yang memudahkan seperti pengecekan domain dan page view serta ranking

5. Berkesempatan memasukkan iklan didalam blog untuk tujuan komersil

So, sudah jelas kan gambarannya bagaimana kegiatanku sebagai blogger saat ini? Ya, tentunya aku bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari blog ku. Walaupun butuh proses belajar dan jam terbang agar menghasilkan konten yang bagus, seiring berjalannya waktu kita akan semakin profesional menjadi seorang blogger, dan bisa banget blogger dijadikan profesi karena sudah terbukti dari beberapa blogger hits yang sukses menjadi full-time blogger.

Mengapa Pilih DomaiNesia?

Berbagai domain dari berbagai perusahaan telah banyak ditawarkan saat ini. Semua menawarkan harga dan fasilitasnya masing-masing. Namun, salah satu yang paling menarik bagiku yaitu DomaiNesia, karena memiliki berbagai kelebihan. Mengenal lebih jauh untuk mencari Informasi dan pendaftaran DomaiNesia bisa klik di link berikut

https://www.domainesia.com/

Untuk membeli paket domain dan hosting, daftarkan dulu ke DomaiNesia melalui link berikut:

https://my.domainesia.com/signin/

Setelah terdaftar di DomaiNesia, kamu bisa memilih domain dan hosting sesuai keinginanmu di link berikut:

https://www.domainesia.com/hosting/

Tara…sudah punya website pribadi nih, selanjutnya bagaimana caranya membuat blog? Ikuti nih penjelasan lengkap dari DomaiNesia di link berikut:

https://www.domainesia.com/tips/cara-membuat-blog-profesional/

4 kelebihan memakai DomaiNesia untuk domain blog:

1. Tersedia berbagai ekstensi domain yang lengkap  mewakili identitas dan keunikan website

2. Layanan hosting dengan harga dan kualitas terbaik untuk keperluan personal maupun bisnis

3. Pengalaman membuat website dalam sekali klik dengan fitur instant Deploy DomaiNesia

4. Penghasilan tambahan yang tidak terbatas dengan merekomendasikan layanana DomaiNesia melalui link afiliasi

Memilih DomaiNesia akan mendapatkan 4 fasilitas layanan yang lengkap, yaitu:

1. Domain yang terpercaya

Terpercaya karena 4 hal ini

* Aman

* Support tanggap

* Aktivasi instant

* Managed DNS

Untuk domain .id sendiri tersedia 9 pilihan, yaitu:

2. Layanan web hosting dengan SSD berperforma tinggi dalam infrastruktur Cloud

Layanan web hosting DomaiNesia bisa untuk personal dan bisnis

Personal Web

* Lite: Rp.8.000,-/bulan

Space 300 MB (1 website), unlimited bandwidth dan email

* Extra: Rp.16.000,-/bulan

Space 750 MB (5 website),

unlimited bandwidth dan email

* Super: Rp.32.000,-/bulan (recomended)

Space 2 GB dengan unlimited website, bandwidth dan email serta gratis domain dan akses SSH

* Monster: Rp.64.000,-/bulan

Space 5 GB dengan unlimited website, bandwidth dan email serta gratis domain dan akses SSH

Bussiness Web

* Mikro: Rp.80.000,-/bulan

Space 6 GB, RAM 2 GB, 2 CPU Core

dengan unlimited website, bandwidth dan email serta gratis domain dan akses SSH

* Mega: Rp.160.000,-/bulan

Space 12 GB, RAM 2 GB, 2 CPU Core dengan unlimited website, bandwidth dan email serta gratis domain dan akses SSH

* Giga: Rp.320.000,-/bulan

Space 24 GB, RAM 2 GB, 2 CPU Core dengan unlimited website, bandwidth dan email serta gratis domain dan akses SSH

* Exa: Rp.640.000,-/bulan

Space 48 GB, RAM 2 GB, 2 CPU Core dengan unlimited website, bandwidth dan email serta gratis domain dan akses SSH

Keunggulan web hosting DomaiNesia yaitu terdapat fitur layanan yang lengkap untuk pelanggan, meliputi:

Performa website secepat kilat dengan Enterprise-grade SSD

Mailchannels spam filter sebagai antisipasi spam email untuk memastikan email sampai ke tujuan

Garansi 99,9% uptime dengan jaminan SLA

Pertahanan hosting dengan menggunakan Anti-virus dan anti-malware

Ada 4 pilihan lokasi server dengan datacenter yang tersebar di Indonesia, Singapura, Amerika dan Jepang

Cloudflaire Railgun mendukung kecepatan performa website

Semua data aman tersimpan karena di-backup setiap hari ke Cloud

 Node. js, Phyton, Ruby, PHP, binary Linux untuk menunjang perkembangan teknologi

3. Memasang Web App dengan mudah, cepat dan aman 

Kemudahan, kecepatan dan keamanan pemasangan web app ini terlihat dari 3 hal berikut:

* Instant Deploy, aplikasi dapat langsung digunakan setelah hosting aktif

* Monitor keamanan dengan memberikan perlindungan ekstra seperti update otomatis, anti-virus dan anti-malware, menutup celah keamanan

* Garansi uang kembali 100% selama 10 hari apabila pelayanan tidak memuaskan

4. SSD Virtual server dengan deploy

Deploy disini dalam waktu kurang dari 40 detik

Beberapa pilihan ukuran VM di DomaiNesia:

* 512 MB: Rp.100.000,-/bulan

Fasilitas 1 CPU Core, 10 GB SSD, 100 Mbps network dan unlimited bandwidth

* 1 GB: Rp.200.000,-/bulan

Fasilitas 1 CPU Core, 20 GB SSD, 200 Mbps network dan unlimited bandwidth

* 2 GB: Rp.400.000,-/bulan

Fasilitas 2 CPU Core, 40 GB SSD, 400 Mbps network dan unlimited bandwidth

* 4 GB: Rp.800.000,-/bulan

Fasilitas 4 CPU Core, 40 GB SSD, 400 Mbps network dan unlimited bandwidth

* 8 GB: Rp.1.600.000,-/bulan

Fasilitas 6 CPU Core, 160 GB SSD, 1 Gbps network dan unlimited bandwidth

* 12 GB: Rp.2.400.000,-/bulan

Fasilitas 8 CPU Core, 240 GB SSD, 1 Gbps network dan unlimited bandwidth

* 16 GB: Rp.3.200.000,-/bulan

Fasilitas 12 CPU Core, 320 GB SSD, 1 Gbps network dan unlimited bandwidth

* 24 GB: Rp.4.800.000,-/bulan

Fasilitas 16 CPU Core, 480 GB SSD, 1 Gbps network dan unlimited bandwidth

VM DomaiNesia ini didukung pula oleh beberapa keunggulan, yaitu:

Instant spin dengan akses root kurang dari 40 detik

Penyimpanan data dalam Native SSD untuk performa tinggi

– Teknologi termutakhir dengan Intel Xeon E5

VM ini bertambah lengkap dengan adanya fitur berikut:

Solid-State Drive (SSD)

– Enterprise-grade server

– Virtual Server Manager:  scale and resize, virtualisasi KVM, multiple Linux OS

Benar-benar fasilitas yang lengkap dan memuaskan ya. Surga banget bagi kaum melek teknologi di era digital ini. Menikmati era digital ini pastinya lebih memuaskan dengan dukungan domain dan server yang mumpuni seperti DomaiNesia. Serasa teknologi ada dalam genggaman dan siap bersaing di dunia digital. Ayo, jangan sampai ketinggalan, pakai DomaiNesia bakalan jadi generasi era digital yang terdepan.

Cover foto: ihh.pe

Show More

Arlindya

A dreamer, long visioner, blogger & traveller

Related Articles

30 Comments

  1. Merasakan di dua jaman itu emang berbeda banget dan kita sendiri mesti flexibel agar bisa memanfaatkan teknologi di era digital. Dan makin dipermudah ajaa deh jaman sekarang tuh…

  2. setuju mba semakin canggih diera digital semakin mager yak tp positifnya emang semua serba cepat. dulu masih inget zaman telepon genggam blm ada kabarin kakek meninggal lewat surat sampe nangis2 bapakku

  3. Merasakan banget nyari taksi sampai harus naik angkot dulu menuju kepangkalan taksi Krn nyetop di jln jaman dulu susah banget hiks. Sekarang era digital meski banyak plus minus nya ya jangan lupa bahagia aja,. (Eh apasih) 😂

  4. Sebagai sesama angkatan 90 an aku pun merasakan hal yang sama sih. Beberapa hal yang dulu terasa ribet, komunikasi misalnya, sekarang jadi mudah banget cuma modal jempol doang. Bahkan banyak banget peluang pekerjaan yang dulu gak pernah kepikiran, misalnya blogging. Dulu mana kepikiran sih main sosmed bisa jadi duit hehehe.

    Tapi kalau melihat kelakuan anak zaman sekarang ada sedikit khawatir juga sih, takutnya manja. Dikit-dikit tinggal google doang, kurang effort-nya. Makanya harus dibimbing terus yaaaah 🙂

  5. Menikmati hidup di era jadul dan digital seru ya.. Ada beberaa kaidah yang di era industri 4.0 juga harus menjadi perbaikan dari era doeloe.. Keseruan di era digital perlu cermat dn bijak juga..

    Sae
    sasyazawafa.com

  6. Harganya lumayan terjangkau ya mbak 😀
    AKu blm pernah nih makai Domainesia. Mungkin kalau nati ternak blog baru aku akan coba.
    Terima kasih info, review dan rekomendasinya 😀

  7. Sebagai generasi 80an *ketauan tuanya* saya mengalami kedua hal saat ini. Dari tinggal di tengah hutan belantara Papua dengan segala keterbatasannya, hingga belantara “hutan” beton di Jakarta dengan segala kemudahannya.

    Dan jaman sekarang kerjaan pun bisa dilakukan darimana saja, bahkan dari hutan Papua euy.

    Domainesia ini produknya bagus2 dan banyak pilihan yang menarik ya. Mari kita cek and ricek si domainesia

  8. Baru tahu tentang Domainesia ini, banyak juga ya kelebihannya.
    Btw, aku juga termasuk yang beruntung bisa merasakan kedua era tersebut. Masa kecilku boleh dibilang bahagia karena dihabiskan dengan berbagai permainan tradisional yang penuh kebersamaan dengan teman2, penuh eye contact dan komunikasi dua arah. Masa2 tak terlupakan banget itu, hihi

  9. Saya nikmatin banget era digital semua sangat dipermudah, segalanya bisa online.
    Btw ini Domainesia harganya terjangkau banget nih, nanti deh kl mau beli lagi bisa referensinya kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button