Traveling

Eksplore Jogja, Moment Travelling Paling Mengesankan

Hari gini, travelling sudah menjadi kebutuhan. Bagaimana tidak? Bergelut dengan pekerjaan yang penuh tekanan selama seminggu, menguras tenaga karena sering lembur membuat jiwa raga ini butuh refreshing. Berhenti sejenak dari rutinitas kantor sehari-hari perlu untuk menyegarkan semangat agar bisa memulai hari kerja lagi dengan semangat baru. Tak heran, dikala weekend didepan mata, aku mulai sibuk mencari info trip baik dari open trip ataupun komunitas travelling.

Beberapa tahun belakangan ini, “back to nature” sudah menjadi gaya hidup baru. Bagi yang punya hoby jalan-jalan, rasanya era ini menjadi surganya mereka. Bagitupun denganku yang tidak betah berdiam diri di rumah, selalu memanfaatkan waktu liburan dengan mengeksplore tempat-tempat indah yang sedang hits. Berawal dari mengikuti beberapa open trip dan trip kantor. Akhirnya terbentuklah kelompok teman-teman yang memiliki hoby sama, yaitu travelling.

Senang bukan main ketika memiliki lingkungan pertemanan yang sama-sama hoby travelling. Apalagi ada beberapa destinasi incaran, maka dengan semangat aku mengumpulkan teman-teman dan mengajak travelling. Pengalaman mengikuti trip orang lain memberikan pengetahuan tersendiri untuk meng-arrange trip pribadi. Ditunjang aplikasi travel online dan tiket online, rasanya tak sulit untuk membuat trip pribadi bersama teman-teman.

Tantangan utamanya terletak saat menyusun itinnerary yang cukup menguras otak. Mengatur waktu yang ada untuk mengeksplore semua tempat adalah tantangan yang menjadi kepuasan tersendiri saat semuanya berjalan lancar dan teman-teman merasa puas. Ya, menjadi tour leader untuk teman-teman menjadi pengalaman travelling yang paling mengesankan. Saat itu aku memimpin tour eksplore Jogja bersama teman-teman.

Destinasi yang kami kunjungi adalah tempat-tempat yang sedang hits kala itu sekitar 3 tahun silam, yaitu :

1. Goa Pindul

Terletak di kawasan Gunung Kidul, Goa Pindul yang dialiri sungai yang tenang menjadi objek wisata baru yang dikembangkan masyarakat setempat. Wisata body rafting dengan ban besar, kami mengitari goa dari aliran sungai. Sepanjang perjalanan rafting kami disajikan pemandangan yang indah dari goa yang terbentuk secara alami.

2. Air terjun Sri Getuk

Air terjun ini cukup unik karena terletak ditengah aliran sungai. Untuk mencapai air terjun ini, kami harus menaiki getek beberapa meter. Air sungai yang tenang dengan pemandangan hijau disekelilingnya cukup memanjakan mata. Apalagi ketika tiba di air terjun, puas rasanya diterpa percikan air yang dingin. Sekelilingnya terdapat batu-batu koral yang besar untuk berpijak. Dilengkapi dengan life jacket, kami berenang disekitar air terjun yang tidak terlalu dalam karena banyak pijakan batu besar.

3. Pantai Indrayanti

Daerah gunung kidul terdapat banyak pantai yang memanjang. Pantainya indah apalagi bila diamati dari atas seperti ini. Sayang kami tiba disana sudah sangat sore, namun sempat menangkap moment sunset dan mengabadikannya.

Menjadi tour leader memberikan pelajaran dan pengalaman tersendiri bagiku, yaitu :

1. Niat liburan sepertinya tidak ada dalam kamus tour leader, karena kita bekerja memutar otak untuk memuaskan keinginan peserta mulai dari kenyamanan penginapan hingga akomodasi.

2. Capek tentu karena otak kita tidak istirahat, begitu pula dengan tubuh kita tidak relaks menikmati liburan karena banyak yang dipikirkan.. hehe.

3. Belajar menjaga sikap dan mood, pastikan kita happy agar peserta juga nyaman dan happy.

4. Perhitungan waktu harus tepat, bersikap tegas terhadap peserta agar sesuai itin namun tidak merusak suasana.

5. Menciptakan komunikasi dan suasana yang asik agar tour berjalan menyenangkan.

6. Perhitungan biaya harus akurat agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Pengalaman pertama menjadi tour leader ini kemudian memberanikanku untuk membuat open trip sendiri, tentunya setelah didudukung oleh teman yang mempunyai tujuan yang sama. Dari pertemanan yang terus berlanjut setelah trip ini, kemudian terbentuklah komunitas travelling kecil-kecilan dikalangan teman sendiri yang kuberi nama Happy Traveller dan masih eksis loh hingga sekarang. Kegiatannya pun berlanjut ke trip-trip berikutnya, hingga satu persatu dari kami menikah dan memiliki anak, tapi rencana trip pun masih terus berjalan. Next…kemana lagi kita, guys?

Show More

Arlindya

A dreamer, long visioner, blogger & traveller

Related Articles

21 Comments

  1. Jogja selalu menarik sih untuk dikunjungin, apalagi wisata alam nya. Jadi pengen ke jogja nih :), anw terus berbagi pengalaman travelling nya yah mba hehe 😉

  2. Jogja selalu menarik sih untuk dikunjungin, apalagi wisata alam nya yah mba. Hehe jadi pengen ke jogja nih. Anyway terus berbagi pengalaman travelling nya yah mba jangan bosen2 hehe :).

  3. Yogyakarta memang selalu bikin kangen. Ga bosan meski berkali kali ke sana selalu mau ke sana lagi….
    Banyak lokasi wisata dan kulinernya enak serta murah

  4. Yg air terjun Sri Getuk aja mba belum sempat aku datengin dan explore nih mbaa. Tp semua pantai d Jogja, pantai Indrayanti udah rame bgt ya skrg

  5. Yogya makin banyak lokasi wisata menarik yaaaa. Gak cuma bangunan bersejarah tapi skrng makin banyak lokasi wisata alamnya yang menarik gtu. Kalau ke sana gak cukup seminggu hehe. Moga akhir tahun bisa ke Yogya aamiin

  6. Jogja adalah salah satu kota yang bikin aku jatuh cinta sejak pandangan pertama
    Semua tentang Jogja selalu menarik buatku. Keramahan penduduknya, budayanya, keindahan alamnya. Semuaaaaa sangat berkesan
    Bolak balik ke Jogja tak pernah membuatku bosan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button