Thoughts

Pasar Tradisional, Eksistensi ditengah Modernisasi

Apa kabarnya pasar tradisional saat ini?

Pernah suatu waktu aku melihat potret pasar tradisional di pinggir rel kereta api. Astagaa…apakah tidak ada tempat lain, pikirku. Apakah sedarurat itu mencari sesuap nasi dengan mempertaruhkan nyawa sendiri?

Akupun melihat daerah tak jauh dari rumahku, tepatnya daerah pemakaman Pd. Kelapa, terdapat beberapa pedagang pasar menempati lahan sempit di gang kecil yang jauh dari pandangan mata. Bila tidak melewati gang sempit itu untuk menuju pemakaman sebelah, rasanya aku tak pernah tau disitu ada pasar tradisional.

Daerah pemukiman rumahku sendiri masih berdiri pasar tradisional yang lebih terpelihara, dinamakan pasar bersih atau fresh market. Lahan parkir yang luas memberikan pemandangan tersendiri, ternyata banyak juga mobil-mobil pribadi yang parkir untuk belanja di pasar tradisional ini.

Kontras memang, ditengah maraknya berdiri mini market tiap beberapa meter serta mal yang bertebaran, ditambah lagi aplikasi belanja online saat ini, pasar tradisional nyatanya masih memiliki tempat dihati. Bagiku, pasar tradisional sendiri belum tergantikan hingga saat ini walaupun barang-barang yang dijajakan banyak pula terdapat di mal dan mini market. Apakah yang membuat pasar tradisional melekat dihati?

Berikut kelebihan pasar tradisional :

1. Suasana kerakyatan memiliki kesan tersendiri saat berada di pasar tradisional. Bertemu pedagang langsung sambil memilah barang bahkan kadang sempat mengobrol membuat suasana menjadi kekeluargaan

2. Barang-barang yang dijajakan lebih segar karena didatangkan langsung dari petani dan peternak. Setidaknya dapat membantu perekonomian petani lebih cepat

3. Harga barang dapat ditawar walaupun harus tetap realistis dan mempertimbangkan kepentingan pedagang

4. Tidak semua barang ada di super market. Banyak barang yang tidak kita temui di super market, bisa dijumpai di Pasar tradisional seperti rempah-rempah langka khas daerah, jeroan dan semua hasil hewan.

5. Pasar tradisional menyajikan pula barang-barang dalam ukuran kecil yang sulit kita temui di super market. Kadang kita hanya membutuhkan bahan-bahan itu sedikit, namun super market hanya menjual ukuran besar.

Apapun pasarnya, semua memiliki peminatnya masing-masing sesuai kebutuhan. Banyak hal yang bisa membuat pasar tradisional tetap eksis di era modern seperti saat ini. Yuk, main ke pasar tradisional, melihat banyaknya bahan yang dijajakan, dijamin bakalan memunculkan ide baru untuk membuat masakan. Selamat berbelanja.

Show More

Arlindya

A dreamer, long visioner, blogger & traveller

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button